Saham

3 Cara Cek Dividen di BIONS Mudah, Akurat, dan Jaminan Untung 2022

Trikves.com – Keuntungan dari aktivitas pasar modal dapat diketahui saat anda memahami cara cek dividen di BIONS. Tambahan dana tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau dijadikan saham kembali.

BIONS memang menjadi salah satu platform bagi banyak orang untuk melakukan trading maupun berinvestasi. Hanya saja masih banyak orang bertanya tentang cara cek dividen BIONS saat ini.

Tentunya hal tersebut dapat dimaklumi karena tujuan awal anda berinvestasi adalah menjaga nilai kekayaan serta menambahnya secara bertahap. Jadi sangat penting bagi anda memahami cara cek dividen BIONS.

Agar dapat membantu anda dalam mengetahui hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan bagaimana cara cek dividen di BIONS. Tentunya informasi pada pembahasan kali ini akan membantu Sobat Trikves dalam mengetahui kapan waktunya dividen dibagi.

Mengenal Lebih dalam Apa Itu Dividen

Pada dasarnya dividen merupakan sebuah imbal hasil dari pembagian keuntungan perusahaan, tempat dimana anda menanam saham. Jadi selain mendapatkan Capital Gain, investor juga akan mendapatkan imbal hasil sebagai bentuk balas budi karena sudah menanamkan modalnya.

Agar lebih mudah memahami apa saja istilah yang ada pada saham, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu Saham guna menambah wawasan.

Biasanya informasi mengenai dividen akan diberitahukan kepada investor apabila sudah tiba waktunya. Sementara hasil dari dividen akan langsung masuk dan terakumulasi pada saldo RDI (Rekening Dana Investor) BIONS.

Istilah Saat Cek Dividen di BIONS

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembagian dividen di BIONS akan dilakukan saat sudah tiba waktunya. Tetapi kapan kegiatan tersebut dilaksanakan? Jawabannya adalah saat perusahaan tempat dimana investor menanamkan modal membuat pemberitahuan.

Pemberitahuan mengenai pembagian dividen tersebut akan disampaikan jauh hari (tergantung kebijakan perusahaan) sebelum pelaksanaan. Jadi anda perlu mengawasi segala berita tentang perusahaan terkait.

Biasanya pada saat anda melakukan cek pengumuman pembagian dividen, akan ada beberapa istilah terkait waktu atau jadwal. Berikut penjelasan tentang beberapa istilah waktu tersebut.

1. Cum Date

Cum Date merupakan kepanjangan dari istilah Cumulative Date. Pada dasarnya Cum Date adalah tanggal atau hari terakhir pembelian saham untuk mendapatkan dividen.

Jadi apabila investor sudah melakukan pembelian di BIONS sebelum atau pada saat Cum Date, maka akan mendapatkan dividen dari perusahaan terkait. Lantas bagaimana jika saham sudah dijual sebelum tanggal terakhir?

Tentu saja anda tidak bisa mendapatkan dividen. Jadi alangkah baiknya tahan saham yang sudah dibeli hingga melewati Cum Date. Atau bisa juga lakukan pembelian kembali pada hari tersebut.

2. Ex Date

Ex Date merupakan kepanjangan dari istilah Expired Date. Jadi bisa disimpulkan bahwa Ex Date merupakan tanggal atau hari dimana pembelian tidak terhitung sebagai hak atas dividen.

Ex Date akan berlaku satu hari setelah Cum Date dan seterusnya hingga pembagian dividen periode berikutnya dibuka. Jadi apabila investor melakukan pembelian saham pada saat Ex Date, maka akan terakumulasi secara otomatis pada saat pembagian dividen berikutnya (jika belum dijual).

Bagaimana jika beli di saat Cum Date dan dijual saat hari berikutnya? Tentu saja anda masih berhak mendapatkan dividen karena pembelian dilakukan saat tanggal terakhir atau Cum Date.

3. Recording Date

Recording Date merupakan sebuah tanggal atau hari dimana perusahaan akan melakukan pendataan terkait investor yang berhak mendapatkan dividen. Pada fase tersebut anda dapat melakukan berbagai kegiatan produktif.

4. Payment Date

Payment Date merupakan hari dimana perusahaan akan mendistribusikan dividen kepada semua nasabah yang berhak mendapatkannya. Anda bisa langsung cek saldo RDI BIONS karena dividen akan langsung terakumulasi dengan saldo.

Cara Cek Informasi Dividen di BIONS

Ternyata pembagian dividen tidak bisa diprediksi secara pasti waktunya. Lantas bagaimana cara cek informasi tersebut di BIONS? Guna memberikan anda referensi, berikut beberapa cara cek informasi dividen.

1. Fitur News Sebagai Cara Cek Informasi Dividen di BIONS

Fitur News Sebagai Cara Cek Informasi Dividen di BIONS

Salah satu fitur menu di BIONS adalah News. Tujuan utama dari menu ini adalah menampilkan berita yang mungkin berpotensi akan mempengaruhi harga. Namun kabar harian juga sering masuk kedalam fitur BIONS tersebut.

Investor juga dapat menggunakan fitur tersebut sebagai cara cek informasi dividen. Pasalnya setiap perusahaan yang akan membagikan dividen pasti akan diberitakan secara masal.

2. Fitur Announcement Sebagai Cara Cek Informasi Dividen di BIONS

Fitur Announcement Sebagai Cara Cek Informasi Dividen di BIONS

BIONS juga dapat memberikan pengumuman penting secara langsung melalui fitur Announcement. Fitur ini akan memberikan hal penting pada anda terkait perubahan, sistem, kebijakan, dan bahkan dividen.

3. Kunjungi Email Sebagai Cara Cek Informasi Dividen di BIONS

Jika anda melakukan transaksi pasar modal melalui perusahaan sekuritas, maka pemberitahuan mengenai dividen biasanya akan dikirimkan melalui email terdaftar. Jadi pastikan anda mengaktifkan notifikasi pesan agar cara cek dividen dapat dilakukan.

Cara Cek Informasi Dividen Selain Menggunakan BIONS

Selain menggunakan BIONS, investor juga bisa menggunakan beberapa cara lain guna mendapatkan informasi seputar dividen. Berikut beberapa cara lain mendapatkan informasi seputar dividen selain menggunakan BIONS.

  • Cek siaran berita keuangan di televisi.
  • Cek surat kabar dan media masa baik secara online maupun offline.
  • Cek website resmi perusahaan yang sudah anda tanami modal.
  • Cek website resmi IDX (Indonesian Stock Exchange).

Jika ternyata investor sudah mengetahui informasi tentang distribusi dividen, maka langsung saja cek saldo RDI khusus bagi pengguna aplikasi BIONS.

Cara Cek Dividen di BIONS Secara Mudah

Mendengar kabar bahwa anda akan mendapatkan imbal hasil, tentu rasanya sangat menyenangkan. Namun hal sebaliknya akan terjadi apabila belum mengetahui cara cek dividen yang masuk kedalam saldo.

Guna membantu pengguna BIONS dalam melakukan peninjauan, berikut langkah-langkah dalam melakukan cek saldo RDI.

1. Buka aplikasi BIONS versi terbaru yang sudah diinstal melalui Playstore maupun Appstore.

2. Lakukan proses Login sesuai prosedur dari pihak pengembang BIONS.

3. Apabila pengguna sudah berada pada halaman utama, maka silahkan pilih Icon Profil di bagian pojok kanan atas.

3. Pilih menu icon prorofil untuk memulai cara cek dividen di BIONS

4. Kemudian lakukan tap pada tab menu Portofolio.

4. Pilih menu Portofolio untuk cek dividen di BIONS

5. Rincian informasi mengenai dividen akan ditampilkan pada halaman tersebut.

6. Cara cek dividen sudah berhasil dilakukan.

Apabila ternyata anda belum berkesempatan mendapatkan dividen, maka silahkan coba di lain kesempatan. Atur perencanaan agar saat periode pendistribusian anda berhak mendapatkannya.

Strategi Mendapatkan Dividen di BIONS

Imbal hasil tersebut memang terlihat sangat menggiurkan. Apabila gagal mendapatkan dividen di periode sebelumnya, maka siapkan berbagai cara agar memiliki peluang di kesempatan berikutnya.

Setidaknya terdapat beberapa strategi atau cara agar investor berpeluan mendapatkan dividen di BIONS. Berikut beberapa strategi dalam mendapatkan dividen.

1. Beli dan Tahan Saham Hingga Cum Date Berakhir

Sudah dijelaskan sebelumnya saat periode pendistribusian dividen berlangsung, maka beli saat Cum Date lalu tahan dan jangan jual sebelum memasuki Ex Date.

Apabila anda belum mengetahui bagaimana cara membeli instrumen di pasar modal melalui BIONS, maka silahkan kunjungi pembahasan kami sebelumnya mengenai Cara Beli Saham di BNI Sekuritas.

2. Kunjungi Saham Rekomendasi IDX

Sebagai salah satu pihak yang menyelenggarakan bursa efek di Indonesia, IDX tentu memiliki data perusahaan secara lengkap. Anda juga dapat mengunjungi website resminya guna mendapatkan rekomendasi perusahaan yang rutin membagikan dividen.

Cara melihat rekomendasi tersebut juga cukup mudah. Silahkan masuk kedalam halaman pencarian Google dan ketikan “IDX High Dividend“.

3. Lakukan Analisa Fundamental dan Teknikal

Selalu ingat bahwa tujuan utama anda berinvestasi maupun trading adalah Capital Gain. Dividen hanya sebuah bonus bagi investor. Namun anda bisa mendapatkan keduanya secara bersamaan.

Caranya adalah lihat perusahaan rekomendasi dari IDX yang rutin membagikan dividen. Kemudian lakukan analisa fundamental dengan membandingkan ROE, ROA, PBV, PER, dan masih banyak lagi apabila anda ingin berinvestasi.

Sementara jika anda ingin melakukan kegiatan trading, maka silahkan lakukan proses Screening pada masing-masing perusahaan rekomendasi IDX. Gunakan analisa teknikal seperti Fibonacci, Trend Analyze, Bullish Bearish, Support and Resistance, dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Jadi cara cek dividen di BIONS sangat mudah dan tentunya dapat menjadi sebuah kabar baik apabila anda memang mendapatkannya. Mengingat pembagian dividen datang secara tidak terduga, maka cobalah pilih saham yang baik dan tahan hingga tiba saatnya pendistribusian.

Selalu ingat untuk selalu berinvestasi secara bijak. Pilih berdasarkan analisa dan bukan hanya sekedar spekulasi semata. Karena pada dasarnya bukan sebuah permainan, melainkan investasi dengan proporsi keuntungan dan risiko yang besar.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.