Editor Choice

14 Investasi Untuk Pelajar SMK SMA Modal Kecil Paling Untung 2022

Trikves.com – Investasi untuk pelajar SMK SMA di era teknologi yang semakin maju ini terbilang cukup banyak pilihan. Dari beberapa pilihan investasi pelajar ada yang tidak membutuhkan modal.

Memang bisa yah investasi tanpa modal untuk pelajar SMK SMA ? bisa dong, soalnya sekarang lewat handphone saja kita bisa mendapatkan uang saku tambahan dari bisnis online. Dari situlah kita bisa mendapatkan modal untuk melakukan investasi dari beberapa jenis investasi untuk pelajar SMK SMA.

Investasi untuk pelajar SMK SMA memang harus sebaiknya dilakukan ketika kalian sudah paham tentang semua jenis investasi. Sehingga ketika akan terjun dan ikut investasi tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Sangat penting buat para pelajar mengenal semua jenis investasi untuk pelajar SMK SMA. Berikut ini trikves.com informasikan apa saja jenis investasi yang bisa dilakukan oleh pelajar SMK SMA dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal namun untung.

Daftar Investasi Untuk Pelajar SMK SMA Modal Kecil Paling Untung

1. Investasi Emas

Investasi-Emas

Rekomendasi pertama kami bagi anda para pelajar yang akan memulai kegiatan investasi adalah mengenal tentang emas. Logam mulia yang satu ini memang identik dengan perhiasan mewah. Namun anda jangan salah menilai. Saat ini emas menjadi salah satu investasi yang sangat menggiurkan di kalangan masyarakat. Mengapa bisa demikian?

Ketertarikan masyarakat dalam melakukan investasi berbentuk emas terletak pada beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Mulai dari kemudahan dalam mencairkannya hingga harganya yang terbilang sangat stabil di pasaran.

2. Investasi Reksadana

Investasi-reksadana

Bagi sebagian masyarakat mungkin reksadana masih terbilang asing. Namun investasi yang satu ini terbilang aman dan juga terpercaya. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut terjadi lantaran investasi dalam bentuk reksadana sudah terdata dalam peraturan pemerintah dan bersifat resmi.

Reksadana merupakan sebuah investasi yang berbentuk sebuah instrumen atau dokumen keuangan. Instrumen ini nantinya akan disebarkan dan ditanamkan pada beberapa perusahaan. Lantas apa menariknya? Tentu saja saat salah satu perusahaan yang ditanami reksadana mengalami penurunan saham, maka nilai reksadana anda tidak akan mudah untuk turun. Pasalnya masih ada beberapa perusahaan lain yang ditanami instrumen tersebut.

3. Investasi Saham

Investasi-saham

Jika anda mencari sebuah topik investasi menarik yang akan dibahas dalam jagat dunia maya tentu saja tidak lain dan tidak bukan adalah saham. Pasalnya investasi yang satu ini memiliki banyak peminat dan banyak cerita sukses dari para pelakunya. Bahkan bukti nyata akan kesuksesan tersebut ada di sekitar kita.

Namun apakah pengertian saham? Pada dasarnya saham merupakan sebuah bukti yang menyatakan kepemilikan dari sebuah perusahaan. Saat menjadi seorang pemegang saham, anda akan mendapatkan sebuah keuntungan berupa dividen yang jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah saham anda pada perusahaan terkait.

Setidaknya ada dua jenis saham yang bisa anda pilih jika memang merasa tertarik, yaitu saham biasa (common stock) dan yang kedua adalah saham preferen (preferred stock). Yang membedakan keduanya hanya masalah prioritas dimana pemegang saham preferen akan didahulukan dalam proses pembagian dividen.

4. Investasi Bisnis Online

Investasi-bisnis-online

Jika anda mencari sebuah investasi dengan berbagai kemudahan, maka bisnis online adalah jawabannya. Bagi anda yang merupakan seorang pelajar, mungkin investasi ini sangat cocok untuk dikerjakan. Modalnya terbilang kecil dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pada dasarnya bisnis online adalah sebuah kegiatan pemasaran dari produk dan juga jasa yang anda miliki melalui jaringan internet. Anda hanya perlu menyiapkan perangkat gadget dan konektivitas internet. Kamu punya smartphone di rumah? Coba pahami tentang bisnis online dan mulai melakukannya.

5. Buka Usaha Sesuai Hobi

Buka-Usaha-Sesuai-Hobi

Apakah hal yang paling membahagiakan bagi banyak orang saat ini? Mungkin salah satunya adalah saat hobi dan minat anda dapat menghasilkan keuntungan materiil yang mampu memenuhi kebutuhan harian. Buat kamu para pelajar SMA dan SMK yang sudah mengenal apa hobimu, cobalah untuk mencari peluang usaha dari hal tersebut.

Membuka sebuah usaha berdasarkan hobi cenderung membuat banyak orang lebih merasa senang dan tenang dalam menjalaninya. Saat usaha tersebut mulai berkembang, maka bukan tidak mungkin akan menjadi sebuah investasi yang sangat menguntungkan bagi anda.

6. Investasi Ilmu

Investasi-Ilmu

Apakah dasar dari berkembangnya sebuah peradaban? Jawabannya adalah pengolahan sumber daya yang tepat guna. Namun bagaimana sumber daya tersebut dapat diolah dengan tepat? Jawabannya adalah ilmu pengetahuan.

Ilmu terbukti menjadi salah satu investasi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Karena tanpa adanya hal tersebut, maka sulit bagi anda untuk berkembang baik secara akademis maupun non akademis. Segala hal yang ada di dunia ini semua berasal dari sebuah ilmu pengetahuan. Jadi buat kamu para pelajar cobalah untuk mulai tekun belajar dan gunakan ilmu yang dimiliki untuk kegiatan positif.

7. Berdagang

Berdagang

Manusia pada hakikatnya saling terikat dan saling membutuhkan. Hal ini terbukti dengan adanya sistem barter atau tukar barang sejak zaman dahulu. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan barter ini menjadi lebih modern dan menggunakan alat tukar yang sah yaitu mata uang. Sejak saat itulah istilah barter digantikan dengan berdagang.

Berdagang memang menjadi salah satu investasi yang sangat menguntungkan saat anda dapat mengetahui apa yang sedang menjadi sebuah tren di pasar saat ini. Anda bisa memulainya dengan atau tanpa modal. Salah satu contoh berdagang tanpa modal adalah Dropshipper.

Dropshipper merupakan salah satu pelaku bisnis yang menjualkan produk milik orang lain dengan kesepakatan tertentu. Semua barang yang akan dijual berasal atau disediakan oleh seorang supplier. Jadi anda hanya perlu memikirkan cara terbaik untuk memasarkan produk tersebut.

8. Membangun Relasi

Membangun-relasi

Apakah kegiatan belajar dan mengajar di sekolah hanya mendatangkan ilmu pengetahuan saja? Tentu saja tidak. Secara tidak langsung, anda akan membentuk sebuah koneksi sosial yang saling terhubung dari satu penghuni sekolah ke penghuni sekolah lainnya. Jika anda mampu untuk menjaga koneksi tersebut, maka akan tercipta sebuah relasi.

Relasi merupakan sebuah hubungan yang terbentuk diantara dua atau lebih individu berdasarkan kesamaan tujuan atau nasib. Sebuah hubungan dengan individu kadang dapat mempercepat usaha anda dalam mencapai tujuan. Bahkan tidak jarang sebuah relasi juga dapat menjadi sarana bertukar isi hati saat kepercayaan sudah terbentuk.

9. Pola Hemat

Pola-Hemat

Saat masih kecil, mungkin kita pernah mendengar slogan yang berbunyi “Hemat pangkal kaya”. Hal tersebut cukup masuk akal jika kita bisa melihatnya lebih dalam. Maksud dari berhemat disini adalah melakukan sebuah pengeluaran baik berupa materi maupun sumber daya, yang sesuai dengan kebutuhan.

Pola hidup hemat harus diajarkan dan dilakukan sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar dimasa mendatang tidak ada pemborosan materi dan sumber daya yang dilakukan hanya untuk memuaskan nafsu semata. Jadi anak dan cucu kita juga dapat menikmati kedua hal tersebut di masa mendatang.

10. Investasi Aset Digital

Investasi-Aset-Digital

Pada dasarnya aset digital adalah segala macam hal berharga baik dalam wujud tulisan atau media yang kemudian tersimpan ke dalam bentuk file binner. Tentu saja muncul sebuah pertanyaan tentang bagaimana sebuah file bisa sangat berharga? Pasalnya hal tersebut bisa anda klaim kepemilikannya dan anda memiliki kontrol penuh atas nilainya.

11. Investasi SBN

Investasi-SBN

SBN atau Surat Berharga Negara mungkin menjadi suatu istilah yang jarang didengar oleh banyak orang. Namun secara singkatnya, SBN merupakan sebuah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dan dapat digunakan sebagai alat investasi bagi para pemegangnya. Surat tersebut dibagikan untuk membantu membiayai anggaran negara dan mendatangkan keuntungan bagi para pemegangnya.

12. Investasi Asuransi

Investasi-asuransi

Dalam menjalani kehidupan, terkadang ada beberapa resiko yang kemudian terjadi secara tiba-tiba. Misalkan saja dalam hal pendidikan, kesehatan, dan musibah. Tentunya dalam proses penanganannya, anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun asuransi dapat meringankannya.

Pada dasarnya asuransi adalah sebuah produk keuangan yang akan meringankan urusan finansial anda manakala sebuah resiko terjadi. Jadi anda dapat terlindungi meskipun hal tidak diinginkan tersebut terjadi.

13. Investasi Deposito

Investasi-Deposito

Salah satu produk bank yang mungkin bisa dijadikan sebagai sebuah sarana investasi untuk pelajar SMK & SMA adalah deposito. Investasi ini akan memungkinkan anda untuk menanam sejumlah uang dan hanya bisa diambil kembali dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan nasabah. Namun darimana untungnya?

Keuntungan dari kegiatan deposito itu sendiri berbentuk bunga yang terbilang cukup tinggi. Belum lagi resikonya yang rendah mampu membuat anda terhindar dari kegagalan dalam melakukan kegiatan investasi.

14. Investasi Tabungan Berjangka

Investasi-tabungan-berjangka

Menabung mungkin menjadi sebuah hal yang umum dalam urusan manajemen dana. Namun kegiatan tersebut juga dapat menjadi sebuah investasi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Tabungan berjangka merupakan sebuah kegiatan menabung dengan jangka waktu 6 bulan hingga 20 tahun. Apa yang membedakannya dengan kegiatan menabung biasa? Saat mengikuti program tabungan berjangka, maka secara otomatis uang tidak akan bisa ditarik sebelum jatuh tempo. Keuntungannya sendiri berasal dari suku bunga yang tinggi.

Alasan Kenapa Pelajar SMK SMA Sudah Harus Investasi

Dari hari ke hari, kebutuhan manusia semakin bertambah dan banyak macamnya. Semakin banyak kebutuhan maka semakin besar pula keuangan yang harus anda tanggung di masa mendatang. Tentunya suatu saat, kamu yang merupakan seorang pelajar akan mengalami hal tersebut. Maka dari itu penting untuk mulai belajar dan mengenal tentang investasi.

Semakin cepat kamu belajar tentang investasi, maka akan semakin banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengelola masalah keuanganmu. Hal ini akan membuatmu lebih siap dalam memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Cara Mulai Investasi Untuk Pelajar SMK SMA

Jika kamu sudah memahami tentang apa itu investasi, maka sudah saatnya buat kamu memulai. Lantas persiapan apa saja yang dibutuhkan? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memulai investasi.

  • Menyusun rencana dan tujuan jangka panjang kamu dalam berinvestasi.
  • Cobalah untuk mengatur besaran nominal yang akan kamu gunakan untuk berinvestasi.
  • Cobalah untuk memilih jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

Hal Yang Harus Diperhatikan

Meskipun investasi terbilang mudah untuk dilakukan, faktanya ada beberapa kasus kegagalan yang sering kita jumpai. Namun seringkali hal tersebut terjadi karena kecerobohan dan ketidaktahuan dari para pelaku tentang apa itu investasi. Sebelum melakukan investasi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Menentukan Jangka Waktu dalam Berinvestasi

Namanya berinvestasi tentunya akan dilakukan dalam jangka panjang. Namun sampai kapan investasi tersebut akan terus berjalan? Saat kamu akan berinvestasi, setidaknya tentukan target waktu. Misalnya dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, kamu ingin membeli sebuah kendaraan. Jika kamu mempunyai target maka kamu dapat mengetahui kapan hasil dari investasi tersebut dapat digunakan.

2. Mempelajari Produk Investasi yang Akan Kamu Pilih

Banyak orang yang ingin memulai investasi karena tergiur dengan keuntungannya. Namun tanpa bekal pengetahuan yang mendalam, akhirnya para investor ini menjumpai kegagalan karena tidak mengetahui tentang produk investasinya. Jadi sebelum mulai berinvestasi, alangkah baiknya anda pelajari produk yang akan dipilih.

Belajar tentang berbagai produk investasi sebenarnya tidak terlalu sulit. Banyak sekali sumber yang dapat anda jadikan sebagai referensi dalam menimba ilmu tentang dunia investasi. Mulai dari media sosial hingga platform berbagi video ternama seperti youtube.

3. Legalitas dari Penyedia Produk Investasi yang Akan Dipilih

Saking pentingnya peran investasi dalam kehidupan masyarakat, pemerintah juga turut membantu masyarakat dengan menentukan legalitas suatu penyedia produk investasi. Hal tersebut dilakukan agar para investor terhindar dari segala kegiatan investasi bodong.

Adanya peran dari pemerintah tersebut juga mampu membuat kamu lebih tenang dalam berinvestasi. Dengan demikian, kamu dapat mencapai tujuan investasi dengan aman.

4. Pendidikan

Sebagai seorang pelajar di sebuah institusi pendidikan, sudah pasti tugas utama kamu adalah belajar. Meski di kemudian hari kamu bisa menikmati hasil investasi yang sudah kamu lakukan selama jangka waktu tertentu, tetap ilmu pengetahuan akan membuat kamu lebih bijak dalam memanfaatkannya. Jadi tetap jangan lupakan tugas kamu sebagai pelajar SMA & SMK yaitu belajar.

Perbedaan Menabung dan Investasi

Meski terlihat menjanjikan, faktanya banyak orang salah kaprah tentang menabung dan investasi. Kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Dilihat dari jangka waktunya, menabung cenderung lebih diutamakan pada penggunaan jangka pendek dan dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak. Sedangkan investasi dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Dilihat dari faktor resikonya, menabung cenderung lebih rendah daripada berinvestasi. Namun segala macam resiko dari sebuah kegiatan investasi dapat anda tanggulangi dengan beberapa tindakan pencegahan. Selain itu ada banyak manfaat di masa mendatang yang bisa anda dapatkan dengan berinvestasi.

Adapun perbedaan yang bisa anda lihat dari segi kondisi ekonomi. Misalnya pada saat terjadi inflasi dan krisis ekonomi, uang yang anda simpan cenderung akan turun drastis nilainya, sedangkan aset investasi anda cenderung lebih stabil.

Pertanyaan

Investasi apa yang tepat untuk masa depan?

Ada 14 jenis investasi yang bisa anda pilih mulai dari emas, reksadana, saham, bisnis online, usaha sesuai hobi, ilmu pengetahuan, berdagang, relasi, perilaku hemat, aset digital, SBN, Asuransi.

Apa saja investasi untuk pemula?

Untuk mencoba terjun dalam dunia investasi anda dapat mencoba bisnis online.

Bisakah pelajar berinvestasi?

Seorang pelajar bisa belajar dan mulai mencoba berinvestasi.

Kata Penutup

Ternyata saat ini banyak pilihan investasi untuk pelajar SMK & SMA yang bisa kamu lakukan. Selain memberikan keuntungan, melakukan investasi juga memberikan kamu banyak manfaat di masa mendatang. Namun tetap jangan lupakan pendidikan agar kamu bisa menjadi seorang calon investor yang sukses.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.