Bisnis Offline

Usaha Kolam Renang dari Modal, Keuntungan & Resiko

Trikves.com – Seperti diketahui, bisnis atau usaha kolam renang menjadi suatu peluang bisnis yang cukup istimewa. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bisnis ini mempunyai prospek uang cukup baik serta menjadi suatu bisnis yang cukup mudah dalam operasionalnya.

Terdapat berbagai macam keuntungan dan kemudahan pada saat mengelola bisnis kolam renang tersebut. Pastinya hal ini akan membuat bisnis kolam renang menjadi salah satu jenis bisnis yang paling direkomendasikan untuk para pemula, khususnya bagi kalangan menengah ke atas.

Akan tetapi, untuk memulai membuka usaha tersebut, tentunya dibutuhkan adanya beberapa persiapan dan perencanaan khusus dengan matang. Adapun beberapa persiapan beserta perencanaan tersebut diantaranya yaitu target pasar, modal usaha, perhitungan omset hingga resikonya.

Oleh sebab itu, apabila Sobat Trikves berencana membuka usaha kolam renang, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu tentang seluk beluknya. Nah, untuk membantunya di bawah akan dijelaskan secara lengkap mengenai peluang, modal awal, estimasi keuntungan hingga resiko bisnis kolam renang.

Peluang Usaha Kolam Renang

Peluang Usaha Kolam Renang

Sebelum membahas poin utama mengenai modal awal hingga keuntungan usaha kolam renang, sebaiknya pahami terlebih dahulu peluang ataupun prospek bisnis tersebut di masa mendatang. Secara garis besarnya, prospek bisnis kolam renang sangat mempunyai lingkup yang cukup luas, entah itu dari segi keuntungan maupun operasional.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat berbagai macam keuntungan dan kemudahan ketika menjalankan bisnis tersebut. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah peluang ataupun prospek menjalankan usaha kolam renang di masa mendatang.

  • Aset bisnis utuh.
  • Biaya operasional murah.
  • Tidak membutuhkan tenaga terampil.
  • Mencari pelanggan cukup mudah.
  • Bisa memperluas usaha terkait lainnya.
  • Tergolong ke dalam usaha anti rugi.

Modal Usaha Kolam Renang

Seperti halnya saat ingin membuka usaha fotocopy, tentunya dibutuhkan adanya perhitungan modal awal sebagai bentuk investasi untuk usaha kolam renang. Dimana kebutuhan anggaran biaya sebagai modal awal dalam membangun bisnis tersebut terbagi menjadi dua kategori, yaitu modal tetap serta biaya operasional.

Secara garis besarnya, kedua komponen atau aspek tersebut harus diperhatikan dan diperhitungkan dengan matang sejak awal. Daripada penasaran, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai modal usaha kolam renang, entah itu dari investasi tetap sebagai modal awal hingga biaya operasional bulanannya.

Modal Awal Usaha

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuka usaha kolam renang yaitu menghitung total kebutuhan anggaran biaya sebagai modal awalnya. Dimana modal awal atau investasi tetap ini hanya akan dibutuhkan saat pertama kali merintis sebuah usaha.

Kebutuhan UsahaModal Investasi
Persiapan lahanRp 500.000.000
Pembangunan kolam renangRp 700.000.000
Pembuatan tempat makan dan minum (tempat beristirahat pengunjung)Rp 60.000.000
Pembangunan kamar ganti dan musholaRp 40.000.000
TOTAL BIAYARp 1.300.000.000

Dari data di atas, maka total kebutuhan anggaran biaya sebagai modal awal untuk membuka usaha kolam renang yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.3 miliar. Sebenarnya, Anda bisa lebih menghemat modal investasi awal dengan membuat kolam renang sederhana.

Biaya Operasional Bulanan

Selain harus memperhitungkan modal tetap sebagai investasi awal dalam membuka bisnis kolam renang, tentunya Anda juga harus mengerti berapa kebutuhan biaya operasionalnya. Dimana biaya operasional ini biasanya akan dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan ataupun tahunan usaha kolam renang.

Kebutuhan UsahaBiaya Operasional
Gaji KaryawanRp 10.000.000
AirRp 1.000.000
ListrikRp 800.000
Izin usahaRp 200.000
Biaya tidak terdugaRp 300.000
TOTAL BIAYARp 12.300.000

Menurut data di atas, maka total biaya operasional bulanan dalam menjalankan bisnis kolam renang yaitu kurang lebih sekitar Rp 11.000.000. Perlu diingat, besaran biaya operasional sendiri bisa saja berubah tergantung pada kebutuhan dalam menjalankan usaha itu sendiri.

Keuntungan Usaha Kolam Renang

Setelah mengetahui peluang hingga perhitungan efisiensi modal awal dalam membuka usaha kolam renang, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung estimasi keuntungannya. Perlu diketahui, sebenarnya bisnis kolam renang mampu memberikan prospek sangat bagus, entah itu dalam skala kecil maupun besar.

Dalam berwirausaha, pastinya terdapat nominal yang tepat untuk kualitas yang baik. Maka dari itu, wajar saja apabila bisnis kolam renang tidak bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal. Sebagai bahan gambaran, berikut adalah contoh perhitungan penghasilan atau pendapatan menjalankan usaha tersebut.

Misalkan dalam sehari penjualan tiket kolam renang bisa mencapai 100 pcs dengan harga Rp 30.000, maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Penghasilan kotor per bulan = (Rp 30.000 x 100 pcs) x 30 hari = Rp 90.000.000.
  • Penghasilan bersih per bulan = Rp 90.000.000 – Rp 12.300.000 = Rp 63.500.000.

Menurut perhitungan di atas, omset atau keuntungan bersih bulanan yang akan Anda dapatkan ketika menjalankan usaha kolam renang dengan estimasi penjualan tiket per hari 100 pcs yaitu sekitar Rp 63.500.000. Jadi, dengan estimasi penghasilan bulanan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Anda bisa mendapatkan balik modal kurang dari 2 tahun.

Resiko Bisnis Kolam Renang

Resiko Bisnis Kolam Renang

Meskipun usaha kolam renang menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan bagi sebagian besar orang, namun tetap saja bahwa usaha tersebut mempunyai beberapa resiko yang perlu diperhatikan. Adapun sejumlah risiko menjalankan bisnis kolam renang tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Persaingan cukup ketat.
  • Problema dalam pemeliharaan kolam renang.
  • Biaya perbaikan kolam renang tergolong cukup besar.
  • Resiko kecelakaan mungkin terjadi.
  • Biaya asuransi semakin bertambah.
  • Tagihan listrik terbilang besar.
  • Sulit untuk dipasarkan.
  • Membutuhkan tempat atau lahan luas.

Tips Sukses Bisnis Kolam Renang

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai peluang, modal awal, keuntungan hingga resiko menjalankan bisnis kolam renang, entah itu dalam skala kecil atau sederhana maupun skala besar. Nah, supaya usaha tersebut dapat berjalan lancar dan sukses, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Memahami target konsumen.
  • Desain bangunan kolam renang dengan baik dan unik.
  • Selalu menjaga kebersihan kolam renang.
  • Harga tiket masuk kolam renang terjangkau.
  • Menyediakan fasilitas lengkap bagi pengunjung.
  • Mampu memberikan pelayanan kualitas terbaik.
  • Promosi gencar.
  • Bekerjasama dengan pihak sekolah.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa usaha kolam renang membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Maka dari itu, ketika memutuskan untuk membuka usaha tersebut, alangkah baiknya perhitungkan dan rencanakan semua hal dengan matang sejak awal.

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar seluk beluk usaha kolam renang mulai dari peluang, modal awal, estimasi keuntungan, resiko hingga tips sukses menjalankan bisnisnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin membuka bisnis kolam renang.

Sumber gambar : klikpajak.id, indiamart.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.