Obligasi

Apa Itu BCA Obligasi ? Keunggulan, Syarat & Biaya Lain-Lain

Apa Itu BCA Obligasi – Surat Berharga merupakan dokumen yang memiliki nilai dan dilindungi oleh badan hukum serta diakui oleh negara. Biasanya, surat berharga ini memiliki kaitan erat dengan kepentingan transaksi perdagangan, penagihan, pembayaran dan lain sebagainya. Sampai saat ini, bukan hanya uang yang memiliki nilai dalam urusan transaksi. Terutama untuk transaksi modern, surat berharga juga kerap digunakan sebagai alat pembayaran, khususnya bagi kalangan pengusaha.

Penggunaan surat berharga sebagai alat transaksi perdagangan juga dianggap lebih praktis dan aman. Disamping itu, fungsi surat berharga juga bisa sebagai bukti legitimasi bagi pemilik surat yang memiliki hak tertentu atas surat tersebut. Berbicara mengenai surat berharga, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Obligasi. Ya, Obligasi adalah jenis surat utang jangka menengah hingga panjang yang bisa dipindahtangankan. Informasi lengkap terkait apa itu Obligasi juga sudah kami sampaikan di pertemuan sebelumnya.

Penting diketahui juga bahwa Obligasi juga banyak dikeluarkan oleh perbankan, salah satu bank yang menyediakan Obligasi adalah Bank BCA. Nah di pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai apa itu Obligasi BCA. Menyinggung sedikit mengenai Obligasi BCA, Bank BCA menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia memang kerap menghadirkan beberapa layanan produk yang cukup menarik, salah satunya ya Obligasi BCA ini. Obligasi BCA juga termasuk Obligasi Pemerintah yang terdiri dari Surat Utang Negara dan Surat Berharga Syariah Negara.

Obligasi BCA juga hadir dalam bentuk mata uang rupiah ataupun valuta asing yang tentu telah dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara Republik Indonesia. Jika kalian berminat membeli Obligasi di Bank BCA, kalian tentu harus mengetahui lebih dalam terkait surat berharga satu ini. Ada banyak pembahasan yang akan kami kupas secara tuntas di pertemuan kali ini. Baiklah daripada berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai apa itu Obligasi BCA yang telah trikves.com siapkan berikut ini.

Apa Itu BCA Obligasi

Apa Itu BCA Obligasi?

Baik, pada poin pembahasan pertama tentu kita akan langsung menuju ke topik utama, yaitu mengenai apa itu BCA Obligasi. Bagi kalian yang mungkin merupakan nasabah baru Bank BCA, tentu masih asing dengan salah satu produk investasi dari Bank BCA satu ini. BCA Obligasi adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang terdiri dari Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), baik dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia.

Keunggulan BCA Obligasi

Nah untuk setiap produk yang dihadirkan oleh Bank Central Asia tak terkecuali Obligasi ini juga pastinya memiliki keunggulan dan keuntungan yang bisa dinikmati oleh para nasabahnya. Adapun untuk keunggulan dari produk Obligasi BCA ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Capital Gain : Memperoleh Capital Gain bila Obligasi dijual pada harga lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder
  • Bebas Biaya Transfer Kupon/Imbalan : Bebas biaya transfer untuk obligasi jenis SBR, ST, ORI, SR, FR, PBS, INDON, INDOIS
  • Bisa Dijadikan Agunan/Jaminan : Khusus Nasabah Prioritas dan Solitaire, ORI & SR dapat dijadikan sebagai Agunan Kredit Lokal, Time Loan Revolving, Installment Loan, dan Personal Loan
  • Partisipasi Nasional : Masyarakat berkesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Jenis Produk Obligasi BCA

Untuk produk Obligasi ini juga memiliki beberapa jenis seperti sudah kami singgung di awal pembahasan tadi, dimana ada 2 jenis produk Obligasi yakni Surat Utang Negara (SUN) dan juga Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak penjelasan di bawah ini.

1. Surat Utang Negara (SUN)

Surat berharga yang berupa Surat Pengakuan Utang dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia. Disini ada 2 jenis, yakni Rupiah dan Valuta Asing.

  • Rupiah
    • Obligasi Negara Ritel (ORI)
    • Savings Bond Ritel (SBR)
    • Fixed Rate (FR)
  • Valuta Asing
    • Obligasi Negara Valas (INDON)

2. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)

Surat Berharga Negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap Aset SBSN, baik dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing. Jenis ini juga terbagi menjadi 2, yakni:

  • Rupiah
    • Sukuk Negara Ritel (SR)
    • Sukuk Tabungan (ST)
    • Project Based Sukuk (PBS)
  • Valuta Asing
    • Obligasi Negara Valas (INDOIS)

Biaya & Lainnya

Setelah mengetahui informasi diatas secara detail, berikutnya kita akan masuk ke poin biaya-biaya dan lainnya. Setiap jenis surat utang berharga BCA juga memiliki biaya-biaya yang berbeda-beda, baik pajak, biaya transaksi dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya simak tabel di bawah ini.

1. ORI/SR

Pajak10%
Minimum PembelianRp 1.000.000
KelipatanRp 1.000.000
Biaya Transaksi Pasar SekunderRp 27.750

2. FR/PBS

Pajak10%
Minimum PembelianRp 100.000.000
KelipatanRp 100.000.000
Biaya Transaksi Pasar SekunderRp 27.750

3. INDON/INDOIS

Pajak0%
Minimum PembelianUSD 30.000
KelipatanUSD 10.000
Biaya Transaksi Pasar SekunderRp 49.950

4. SBR/ST

Pajak10%
Minimum PembelianRp 1.000.000
KelipatanRp 1.000.000

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai apa itu BCA Obligasi. Disini bisa disimpulkan bahwa Obligasi BCA ini merupakan layanan investasi surat berharga yang diperuntukkan bagi para nasabah yang ingin membeli Obligasi melalui perbankan. Diatas juga terdapat informasi lengkap terkait akan layanan satu ini. Kalian bisa memahami lebih dulu sebelum memutuskan untuk terjun di dunia investasi surat berharga.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apa itu BCA Obligasi. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa trikves.com sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang mungkin ingin terjun di dunia investasi Obligasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.