Crypto

Apa Itu Crypto Wallet? Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Trikves.com – Kamu seorang trader? maka sudah seharusnya kamu mengetahui apa itu crypto wallet. Dengan perkembangan cryptocurrency yang semakin meningkat sekarang banyak sekali orang tertarik dan terjun langsung menikmati salah satu bentuk investasi satu yang satu ini.

Bila kamu adalah pengguna cryptocurrency baru, tentunya ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan untuk dapat mulai bergelut di dunia baru ini. Karena tidak sedikit para pengguna yang tanpa mengetahui apa-apa langsung bermain dan mereka bingung ketika ingin melakukan transaksi.

Dari banyaknya persiapan yang perlu kamu list. Salah satu hal penting yang sama sekali tidak boleh terlewatkan adalah dompet digital atau Crypto Wallet. Dimana piranti ini menjadi salah satu bagian paling penting ketika kamu ingin melakukan transaksi baik pembelian maupun penjualan aset digital yang dimiliki.

Nah sebelum mulai mendalami lebih lanjut hal-hal terkait cryptocurrency. Hal basic yang perlu & harus dipahami setiap pemain adalah apa itu Crypto Wallet, fungsi, jenis dan cara kerjanya. Oleh karena itu, setelah sebelumnya kami bahas tentang pengertian Investasi Cryptocurrency. Berikut adalah penjelasan tentang apa itu Crypto Wallet.

Apa Itu Crypto Wallet?

Mengenal Apa Itu Crypto Wallet

Dari penjelasan tentang apa itu cryptocurrency yang sebelumnya pernah trikves bagikan. Kita bisa mengidentifikasi bahwa cryptocurrency merupakan salah satu jenis mata uang digital yang dikembangkan dengan teknologi blockchain. Dan mata uang ini setidaknya akan dapat digunakan sebagai media pertukaran secara virtual dalam jaringan internet.

Dalam perkembanganya Crypto sendiri dilengkapi dengan berbagai macam teknologi terupdate, salah satunya adalah Kriptografi. Dimana teknologi ini memiliki fungsi sebagai pengaman ketika para pemilik akun melakukan transaksi. Tidak hanya sampai disitu, teknologi ini juga mengendalikan pembuatan unit baru mata uang crypto.

Nah dalam perjalannya, cryptocurrency tersebut nantinya akan disimpan di dalam sebuah dompet crypto yang seringkali disebut dengan nama Crypto Wallet. Lantas apa sih yang dimaksud dengan dompet digital crypto itu?

Bila kita lihat secara definisi, crypto wallet merupakan tempat atau wadah yang berfungsi untuk menyimpan dan mengamankan semua aset kripto yang dimiliki sehingga tidak terpecah belah. Meski hanya dapat diakses secara online, akan tetapi dengan perkembangan teknologi tinggi.

Setidaknya dompet digital crypto sudah dilengkapi berbagai macam lapisan keamanan, sehingga seluruh aset crypto kamu miliki akan terlindungi dengan aman dan tidak mudah diretas atau ditembus pihak tidak bertanggung jawab. Terkecuali bagi mereka yang memiliki serta memegang akses private key.

Fungsi Crypto Wallet

Jadi dari penjelasan singkat yang sudah trikves.com sampaikan terkait apa itu crypto wallet seperti di atas. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa fungsi utama piranti ini yaitu sebagai tempat atau wadah (tampungan) untuk seluruh aset cryptocurrency kita miliki.

Sehingga ketika kita akan menggunakannya untuk bertransaksi baik pembelian maupun withdraw, akan dapat dilakukan dengan mudah, simple dan cepat. Maka dari itu buat kamu yang akan terjun untuk bermain cryptocurrency, pastikan kalian tahu apa itu crypto wallet dan fungsi pentingnya.

Jenis Crypto Wallet

Kemudian setelah memahami apa yang dimaksud dengan crypto wallet, berikutnya hal yang juga tidak kalah pentingnya untuk kalian pahami adalah macam & jenis crypto wallet. Pada dasarnya penggunaan dompet crypto dibagi menjadi beberapa macam.

Dimana setiap jenis crypto wallet ini akan dibedakan sesuai dengan karakteristik serta tingkat keamanan. Oleh karena itu ketika akan membuat dompet digital cryptocurrency. Hal utama yang perlu kalian pahami adalah jenis-jenisnya.

Oleh karena itu dibawah ini sudah trikves.com siapkan penjelasan lengkap tentang macam-macam atau jenis-jenis crypto wallet perlu kamu ketahui.

Cold Wallet

Jenis dompet digital para pemain kripto yang pertama adalah Cold Wallet atau juga sering disebut dengan paper wallet. Jika dilihat dari sistem keamanannya, dompet digital ini merupakan jenis wallet dapat dikatakan cukup unik, kenapa? karena private key yang dibutuhkan akan dicetak di dalam selembar kertas.

Kemudian jenis wallet yang satu ini hanya disimpan secara offline. Sehingga tingkat keamanan pun sangatlah baik karena tidak akan mudah dibobol dengan jaringan internet. Melainkan ketika ingin menggunakannya private key yang terdapat di dalam selembar kertas tersebut harus dipegang untuk mendekripsi wallet.

Hosted Wallet

Apabila kamu mencari jenis crypto wallet paling populer dan cukup banyak digunakan karena mudah diatur. Maka Hosted Wallet adalah pilihan dompet digital yang patut kalian coba gunakan. Istilah hosted wallet sendiri diberikan karena dompet kripto ini memanfaatkan pihak ketiga untuk menyimpan semua aset crypto yang kamu miliki.

Kepopuleran jenis ini tidak terlepas dari keamanan yang begitu bagus. Terutama ketika kamu lupa private / public key, jadi kamu tidak perlu merasa khawatir aset kripto yang kamu punya hilang. Namun dibalik itu semua tentunya jenis ini juga punya kelemahan, salah satunya kamu tidak bisa mengakses seluruh jenis cryptocurrency.

Nah salah satu contoh penggunaan jenis crypto wallet yang satu ini yakni ketika kamu melakukan pembelian di platform exchange seperti Zipmex maupun PancakeSwap. Dimana secara otomatis nantinya aset kamu akan disimpan dan diamankan di hosted wallet.

Hardware Wallet

Kemudian jenis dompet kripto untuk mengumpulkan seluruh aset kripto yang kamu miliki adalah Hardware Wallet. Sesuai dengan namanya, hardware wallet merupakan dompet digital berjenis perangkat fisik dengan ukuran hampir sama seperti flashdisk. Dimana di dalam perangkat tersebut terdapat private key dari seluruh aset crypto yang kamu miliki.

Meski bisa dikatakan cukup aman, namun tidak sedikit para trader yang memilih untuk menggunakan jenis wallet ini. Alasannya karena selain penggunaan yang sedikit lebih rumit, juga karena biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan hardware wallet lebih tinggi dibandingkan dengan dua jenis crypto wallet di atas.

Non-Custodial Wallet

Jenis crypto wallet yang terakhir dapat kamu gunakan adalah Non-Custodial Wallet. Apabila memilih menggunakan jenis dompet digital yang satu ini, setidaknya kamu tidak akan bergantung pada pihak manapun untuk keamanan seluruh aset crypto kamu. Dengan begitu tanggung jawab keamanan tentu sepenuhnya ada di tangan kamu.

Lantas bagaimana jika private key / seed pharse lupa maupun hilang? tentu saja kamu sama sekali tidak akan bisa mengakses seluruh aset. Buruknya lagi jika pihak lain menemukan / memiliki private key tersebut, maka pihak itu akan dapat mengakses seluruh aset crypto kamu. Salah satu jenis wallet Non-Custodial Wallet adalah MetaMask.

Cara Kerja Crypto Wallet

Bagaimana apakah sampai disisi sudah mulai paham dengan apa itu crypto wallet dan juga jenis-jenisnya? jika sudah mari kita mulai dengan penjelasan tentang cara kerja crypto wallet. Bila kita bicara tentang cara kerja, sepenuhnya sistem kerja dari dompet crypto ini sangatlah berbeda dari dompet digital GoPay, LinkAja maupun OVO dan Dana.

Dimana seperti kamu pahami di atas, untuk menggunakan dompet digital cryptocurrency kamu harus menggunakan sebuah kunci publik / kunci private. Dimana fungsi utama dari kunci ini untuk dapat mengakses semua aset jika, tidak ada private key atau publik key maka kamu tidak akan menggunakan aset tersebut.

Ilustrasikan saja ketika kamu akan mengirimkan email, ketika ingin mendapatkan email masuk dari orang lain. Maka kamu harus memberikan alamat email yang dimiliki. Namun seperti kita ketahui, dengan kita memberikan alamat email kita, bukan berarti mereka dapat mengakses email kita.

Mengapa? Karena untuk dapat mengakses email kita mereka harus memiliki password atau kata sandi yang dimana dalam hal ini sama dengan private key / public key. Maka dari itu seperti kami sampaikan di atas, pastikan apabila kamu ingin menjaga seluruh aset sebisa mungkin rahasiakan private key tersebut.

Kesimpulan

Itulah kitanya penjelasan lengkap kali ini terkait apa itu wallet crypto, fungsi, jenis dan cara kerja dapat trikves.com sampaikan. Pastikan apabila kamu memang ingin menjadi seorang trader, pastikan juga untuk mengetahui hal mendasar termasuk apa itu crypto wallet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.