Saham

Apa Itu Dividen ? Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung

Apa Itu Dividen – Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih oleh kebanyakan pelaku investasi. Dimana dengan berinvestasi saham, kita akan bisa mendapatkan hasil atau keuntungan yang menggiurkan. Dalam hal ini, keuntungan juga bisa dikenal dengan istilah Dividen.

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah mengetahui apa itu Dividen. Namun ada juga yang belum mengetahui apa itu Dividen, khususnya para pelaku investasi saham pemula. Nah di pertemuan kali ini kami akan menjelaskan lebih jelas terkait apa yang dimaksud dengan Dividend, jenis dan juga seperti apa cara menghitungnya.

Secara umum Dividen adalah pembagian hasil keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan kepada setiap pemilik saham. Besaran pembagian Dividend biasanya dilakukan setiap akhir periode laporan keuangan.

Perusahaan selaku emiten biasanya akan memberitahukan waktu pembagian Dividend kepada para pemegang saham. Baiklah, untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan kali ini, lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkap terkait apa itu Dividend yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Dividen

Apa Itu Dividen?

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu terkait pengertian apa itu Dividen. Dividend adalah pembagian laba atau hasil yang dibayarkan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Pada umumnya, Dividend yang dibagikan berupa uang tunai atau saham.

Sedangkan jika dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Dividen adalah bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh dewan direksi. Kebijakan dividend adalah keputusan yang disahkan bersama sekaligus dibagikan melalui rapat bersama para pemegang saham (RUPS).

Melihat pengertian daripada Dividend tersebut, disini dapat disimpulkan bahwa Dividen adalah imbalan dari suatu perusahaan kepada para pemegang saham dalam bentuk uang atau saham. Dividend juga berasal dari keuntungan bersih yang didapat oleh perusahaan.

Jenis-Jenis Dividend

Jika kalian sudah mengetahui informasi diatas terkait apa itu Dividen, berikutnya kita akan informasikan mengenai jenis Dividend. Ya, Dividend sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tunai

Pertama ada Dividen Tunai. Dividend Tunai adalah keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk uang tunai. Jenis ini banyak ditemukan di berbagai perusahaan karena menjadi jenis yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan para pemegang saham bisa merasakan manfaatnya dan dapat menggunakannya secara langsung.

2. Dividen Saham

Penting diketahui bahwa Dividend juga tidak selalu berbentuk dengan uang, seperti pembagian keuntungan Saham satu ini. Dividen Saham adalah keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada para pemegang sahamnya dalam bentuk saham. Dalam hal ini, investor tidak akan mendapatkan uang tunai namun mendapatkan penambahan jumlah atau nilai saham.

3. Dividen Barang

Sesuai dengan namanya, Dividend barang adalah keuntungan yang dibagikan dalam bentuk barang oleh perusahaan kepada para investor atau pemegang saham. Hal ini biasanya dilakukan ketika perusahaan membeli dan menginvestasikan uangnya pada barang atau benda fisik. Maka dari itu, pembagian keuntungannya pun dalam bentuk dividend barang atau dividend properti.

4. Dividen Likuidasi

Jenis berikutnya ada Dividen Likuidasi. Dividen Likuidasi merupakan keuntungan yang umumnya diberikan perusahaan ketika mengalami masa sulit. Dividend likuidasi tidak berasal dari laba perusahaan. Namun, keuntungan ini dibagikan dengan mengurangi modal dari suatu perusahaan. Umumnya, perusahaan yang membagikan keuntungan jenis ini yakni perusahaan yang akan menutup perusahaannya atau perusahaan yang mengalami kebangkrutan.

5. Dividen Hutang

Dan jenis yang terakhir adalah Dividen Hutang. Dividen Hutang adalah Dividend yang dibagikan dalam bentuk surat hutang. Dengan membagikan dividend hutang ini, perusahaan berarti memiliki hutang kepada pemilik saham yang seharusnya berhak mendapatkan pembagian keuntungan.

Untuk jenis ini bisa dikatakan akan cukup menguntungkan pemilik saham karena biasanya surat hutang yang diberikan memiliki bunga yang terus berjalan hingga hutang dibayarkan oleh perusahaan. Perusahaan memberi janji kepada pemilik saham bahwa akan membayarkan pembagian keuntungan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cara Menghitung

Berikutnya kami akan membahas mengenai cara menghitung Dividend. Penting diketahui disini bahwa cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa data, diantaranya adalah laba bersih perusahaan atau laba bersih per saham, dividend payout ratio (DPR), dan jumlah saham beredar atau outstanding shares.

Untuk labar bersih per saham ini juga biasa disebut dengan Earning Per Share (EPS). EPS sendiri merupakan pembagian antara laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan di periode tertentu dengan jumlah saham yang beredar (outstanding shares).

Disamping itu, Dividend Payout Ratio (DPR) atau Rasio Pembayaran Dividend adalah rasio yang menunjukkan persentase setiap keuntungan yang diperoleh dan didistribusikan kepada pemegang saham dalam bentuk uang tunai.

Lalu untuk Outstanding Shares adalah jumlah total lembar saham sebuah perusahaan yang dimiliki oleh para investor atau pemegang saham baik perorangan maupun institusi. Nah adapun cara menghitung pembagian keuntungan bisa dilakukan dengan menggunakan rumus di bawah ini.

Dividen = Laba bersih x Dividend Payout Ratio

Untuk lebih jelasnya, simak contoh perhitungan berikut ini.

Perusahaan X mempunyai 3 juta lembar saham. Perusahaan ini berhasil menghasilkan laba bersih sebesar Rp1 miliar. Kebijakan pembagian dividend atau dividend payout ratio adalah 40 persen dari laba bersih yang dihasilkan perusahaan. Dengan menggunakan data tersebut maka cara menghitungnya pada perusahaan X adalah sebagai berikut.

Dividen = Laba bersih x Dividend Payout Ratio
= Rp1.000.000.000 x 40% = Rp400.000.000

Maka, nominal dividend per lembar saham beredar = Rp400.000.000/3.000.000 lembar saham = Rp133 per lembar saham.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini dapat disimpulkan bahwa Dividen adalah pembagian hasil para pemegang saham yang diberikan oleh perusahaan terkait. Dividend sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis yang memiliki pengertian berbeda-beda. Untuk bisa memahami lebih dalam terkait masalah ini, kalian tentu bisa berkonsultasi langsung dengan pakar saham atau perusahaan yang mungkin ingin kalian beli sahamnya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai apa itu Dividen yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat trikves.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.