Obligasi

Apa Itu Obligasi Korporasi ? Pengertian, Jenis & Keuntungan

Apa Itu Obligasi Korporasi – Seperti kita ketahui bahwa dunia investasi sudah menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat dunia. Dimana investasi sudah dipahami sebagai salah satu metode yang cukup bekerja untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Melalui investasi, besaran nilai modal yang ditanamkan juga akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Namun hal ini tergantung dari risiko dan tujuan berinvestasi, para investor bisa memilih sendiri jenis produk atau instrumen investasinya.

Ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa dipilih, salah satunya adalah Obligasi. Obligasi termasuk salah satu instrumen investasi yang paling populer. Hal ini dikarenakan Obligasi merupakan instrumen investasi dengan pendapatan yang tetap, risiko rendah dan bisa dipilih untuk meningkatkan pertumbuhan nilai dari portofolio investasi. Mengenai pembahasan lengkap terkait apa itu Obligasi juga sebenarnya sudah kami sampaikan di pertemuan sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini trikves.com akan membahas terkait salah satu jenis Obligasi, yaitu Obligasi Korporasi.

Obligasi memang memiliki beberapa bagian yang dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah Obligasi Korporasi. Sebagai salah satu instrumen surat utang yang diterbitkan perusahaan swasta nasional, tak terkecuali BUMD dan BUMN, Obligasi Corporate juga bisa menjadi opsi investasi yang sangat menjanjikan. Dimana para investor nantinya akan dijanjikan dengan keuntungan dari bunga tanpa perlu khawatir akan besaran risiko yang dihadapinya karena dinilai sangat rendah risiko. Walaupun demikian, ada juga beberapa hal yang penting untuk dipahami seputar produk investasi satu ini.

Terkait pembahasan mengenai Obligasi Corporate ini, beberapa poin pembahasan tentunya wajib untuk kalian simak. Khususnya bagi kalian yang baru ingin memulai investasi di Obligasi ini. Kemudian di setiap pembahasan juga ada poin khusus yang menarik untuk kalian ketahui dan tentunya bisa menambah wawasan dalam dunia investasi khususnya untuk instrumen Obligasi ini. Baiklah daripada berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai apa itu Obligasi Korporasi yang telah trikves.com ulas berikut ini.

Apa Itu Obligasi Korporasi

Apa Itu Obligasi Korporasi?

Pada poin awal kita akan langsung memberikan penjelasan terkait apa itu Obligasi Korporasi. Obligasi Korporasi adalah surat hutang yang diterbitkan oleh BUMN, BUMD maupun perusahaan nasional yang berstatus swasta. Penerbit dari Obligasi jenis ini akan membayar kembali pokok hutang sekaligus dengan kupon bunga pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran tiba. Tingkat pengembalian atau imbal hasil dari Obligasi jenis ini juga telah ditentukan lebih dulu, termasuk dengan jangka waktu berakhirnya.

Perbedaan Obligasi Corporate & Obligasi Pemerintah

Selanjutnya kita akan menjelaskan terkait perbedaan antara Obligasi Corporate dan Obligasi Pemerintah. Untuk perbedaannya bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini.

KeteranganObligasi PemerintahObligasi Korporasi
PenerbitPemerintah itu sendiriPerusahaan atau Badan Usaha Milik Pemerintah
PengertianObligasi berupa surat utang negara atau SUN yang diterbitkan Pemerintah IndonesiaSurat utang atau obligasi yang diterbitkan oleh pihak korporasi di Indonesia, baik itu, korporasi swasta maupun BUMN atau BUMD
Jenis*Obligasi kupon tetap dengan seri FR atau fixed rate
*Obligasi kupon variabel dengan seri VR atau variable rate
*Obligasi yang menganut prinsip syariah atau bisa juga disebut dengan sukuk negara
*Obligasi kupon tetap
*Obligasi kupon variabel
*Obligasi yang menganut prinsip syariah

Mengenai daftar Obligasi Corporate di Indonesia, ada beberapa daftar yang bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Obligasi Korporasi dari Adira Dinamika Multifinance
  • Obligasi Korporasi dari Indosat
  • Obligasi Korporasi dari Maybank
  • Obligasi Korporasi dari CIMB Niaga
  • Obligasi Korporasi dari Pertamina
  • Obligasi Korporasi dari BRI
  • Obligasi Korporasi dari PLN

Keuntungan Obligasi Korporasi

Terkait soal keuntungan membeli Obligasi Corporate, ada beberapa keuntungan yang tentu bisa dinikmati oleh kalian semua. Keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan Penghasilan Tetap

Pada instrumen investasi satu ini, bunga atau kupon akan dibayarkan secara rutin sampai masa jatuh tempo berakhir. Pemberian keuntungan ini ditetapkan melalui persentase dari nilai nominal pokok. Tingkat kupon umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat bunga pada deposito perbankan. Hal inilah yang menjadikan Obligasi banyak menarik perhatian investor karena memiliki risiko rendah namun mampu memberikan keuntungan maksimal.

2. Keuntungan Penjualan Obligasi

Keuntungan kedua adalah keuntungan penjualan atau Capital Gain. Pemegang bisa memperjualbelikan produk ini dengan harga lebih tinggi dibandingkan ketika membelinya. Selisih harga pembelian dan penjualan tentu bisa menjadi keuntungan tambahan dari pemegang. Capital Gain juga bisa didapat ketika investor membeli dengan harga diskon atau lebih rendah dibandingkan nilai nominalnya. Dan ketika jatuh tempo berakhir, investor bisa mendapatkan bayaran sesuai dengan nilai pokoknya.

Risiko Tingkat Suku Bunga Obligasi Korporasi

Setelah mengetahui informasi lengkap terkait apa itu Obligasi Korporasi, jenis dan juga keuntungan, berikutnya kita juga akan memberikan penjelasan terkait risiko dari instrumen satu ini. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Perusahaan Tidak Mampu Membayar Bunga

Risiko pertama yang mungkin bisa dialami adalah perusahaan penerbit bisa tidak mampu membayar bunga atau pokok Obligasi. Ketidakmampuan perusahaan tersebut membayar kewajibannya juga dikenal dengan istilah Default. Walaupun dalam kasus ini jarang terjadi, namun ada beberapa kasus ketika penerbit tidak mampu melunasi, baik bunga maupun pokok Obligasi.

2. Fluktuasi Harga Ditentukan Tingkat Suku Bunganya

Berikutnya adalah risiko fluktuasi harga, dimana harga akan ditentukan dengan tingkat suku bunganya. Apabila nilai suku bunga rendah, maka harga Obligasi akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, untuk menanggulanginya, kalian para investor perlu jeli dalam memperkirakan nilai suku bunga agar bisa memutuskan untuk memegang Obligasi, membelinya atau menjualnya agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai Obligasi Corporate. Obligasi ini memang cukup populer di kalangan para investor. Selain memiliki risiko yang rendah, Obligasi jenis juga mampu memberikan profit yang tinggi. Namun, ketika kalian memutuskan memilih produk investasi ini, kalian perlu memperhatikan dengan jeli dan bisa bijak agar meminimalkan risiko buruknya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apa itu Obligasi Korporasi. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa trikves.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.