Editor Choice

20 Contoh Produk Grafika, Tujuan, Teknik Cetak & Gambarnya!

Trikves.com – Seperti diketahui, grafika merupakan sebuah produk yang ditampilkan secara visual menggunakan media permukaan seperti kertas, kanvas dan lain sebagainya. Adapun beberapa contoh tujuan pembuatan produk grafika yaitu untuk memberikan informasi, ilustrasi serta entertainment kepada konsumen.

Pada umumnya, produk grafika diproduksi ataupun diciptakan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Dimana di dalam produk tersebut biasanya berisikan sejumlah komponen atau poin penting seperti teks, ilustrasi, warna hingga gambar menarik, dengan tujuan untuk pemasaran maupun promosi suatu produk.

Namun sayangnya, masih ada banyak orang di luar sana merasa kebingungan mengenai bagaimana cara membuat produk grafika serta apa saja contohnya. Jika diperhatikan, sebenarnya saat ini sudah tersedia cukup banyak produk grafika di lingkungan sekitar, terutama di kehidupan manusia sehari-harinya.

Oleh sebab itu, apabila Sobat Trikves ingin membuat produk grafika untuk memasarkan ataupun mempromosikan suatu produk, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa contohnya. Nah, untuk membantunya di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai contoh gambar produk grafika dilengkapi dengan penjelasannya.

Apa Itu Produk Grafika?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai contoh gambar produk grafika lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Perlu diketahui, saat ini sebenarnya terdapat beberapa artian grafika menurut beberapa orang. Pertama grafika diartikan sebagai ilmu tentang cetak mencetak pada kertas, logam atau permukaan sejenisnya.

Selain itu, terdapat juga beberapa yang mengartikan grafika sebagai segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda dan gambar yang diperbanyak melalui proses pencetakan untuk disampaikan kepada khalayak umum. Namun, secara garis besarnya kata grafika sendiri berasal dari istilah grafis sebagai bentuk seni menggambar mekanis dengan presisi.

Tujuan Produk Grafika

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya produk grafika merupakan representasi visual dari satu data atau elemen seperti gambar, foto, garis, angka, simbol, desain geometris, peta hingga gambar teknik. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tujuan pembuatan produk grafika.

  • Memperindah media.
  • Sebagai media penyampaian pesan.
  • Menambah nilai jual sebuah produk.

Contoh Produk Grafika

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga tujuan pembuatan produk grafika, maka selanjutnya Anda juga harus memahami beberapa contohnya. Di atas sudah sedikit disinggung bahwa produk grafika sendiri bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari manusia, sebagai contoh yaitu iklan susu pada kategori promosi produk.

Selain itu, sebenarnya masih terdapat banyak sekali pengaplikasian produk grafika di lingkungan sekitar. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik contoh produk grafika di dalam kehidupan sehari-hari dilengkapi dengan penjelasan hingga gambarnya.

1. Media Massa Koran

Contoh Produk Media Massa Koran

Media massa koran menjadi salah satu contoh produk grafika menggunakan teknik pengaplikasian secara visual. Dimana tampilan produk ini berwujud gambar serta teks dominan berwarna hitam putih.

Hadirnya gambar dan teks tersebut berguna untuk menambahkan berita, cerita serta informasi. Adapun proses pembuatan koran pada produk grafika ini menggunakan metode cetak secara tidak langsung menggunakan mesin cetak.

2. Kertas Poster

Contoh Produk Kertas Poster

Poster atau banner juga saat ini menjadi salah satu produk grafika paling banyak digunakan oleh pengusaha dari berbagai macam bidang. Tujuan pembuatan poster yaitu sebagai alat untuk mempromosikan produk mereka.

Selain itu, poster atau banner juga digunakan untuk menambahkan informasi atau pembelajaran seperti poster sekolah serta universitas. Proses pembuatan poster sendiri menggunakan cetakan digital, sehingga sanggup mencetak sebagian teks dan gambar unik serta menarik.

3. Kemasan Makanan

Contoh Produk Kemasan Makanan

Sebagaimana diketahui, kemasan makanan kini menjadi salah satu daya tarik dalam pemasaran sebuah produk. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika salah satu contoh produk grafika tersebut dibuat dengan bagus dan menarik, maka akan membuat konsumennya semakin tertarik untuk membelinya.

Sama seperti poster, teknik pembuatan produk grafika pada kemasan makanan juga menggunakan cetakan digital. Dengan begitu, setiap kemasan makanan tersebut dapat diberikan gambar dan tulisan untuk menarik minat para pelanggannya.

4. Pakaian Bermotif Gambar

Contoh Produk Pakaian Bermotif Gambar

Kemudian contoh produk grafika selanjutnya yaitu pakaian atau kaos bermotif gambar. Seiring dengan berkembangnya teknologi digital seperti sekarang ini, produk grafika seperti gambar dan teks sudah diterapkan pada sejumlah pakaian.

Biasanya teknik ini akan diterapkan oleh perusahaan sablon pakaian. Dimana penggunaan teknik dari mesin sablon tersebut nantinya akan menghasilkan gambar unik, menarik serta berkualitas. Menariknya lagi, gambar juga bisa dipesan sesuai keinginan pelanggannya.

5. Kartu Ucapan

Contoh Produk Kartu Ucapan

Kartu ucapan juga menjadi salah satu contoh produk grafika cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, produk ini merupakan sebuah kartu untuk memberikan ucapan atau beberapa pesan kepada sobat atau kerabat dekat.

6. Kartu Undangan

Contoh Produk Kartu Undangan

Sebenarnya kartu undangan seperti undangan pernikahan dan undangan jenis lainnya sama seperti kartu ucapan. Dimana produk tersebut proses pembuatannya menggunakan teknik grafika, yaitu mencetak tulisan dan gambar dengan tinta pada kertas.

7. Iklan Produk

Iklan Produk

Sebenarnya pada pembahasan sebelumnya sudah pernah dijelaskan bahwa iklan produk menjadi salah satu hasil dari teknik grafika, salah satunya pada iklan produk kopi. Pada intinya, iklan dibuat untuk memberitahukan kepada banyak orang bahwa produk tersebut kini sudah tersedia di pasaran.

Selain itu, iklan juga dapat dimanfaatkan sebagai pemberitahuan promosi atau pemasaran dari sebuah produk. Dimana iklan sebuah produk sendiri dapat dibuat menggunakan teknik grafika berupa cetakan digital melalui media cetak, televisi ataupun billboard.

8. Hologram

Hologram

Hologram juga sebenarnya termasuk ke dalam salah satu contoh produk grafika yang diproduksi menggunakan teknik grafis. Adapun proses pembuatannya sendiri menggunakan alat cetakan dasar. Meskipun demikian, hasilnya bisa memiliki kapasitas bagus dan berkualitas.

9. Materai

Materai

Sementara materai juga bisa dimasukkan ke dalam produk grafika. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya materai produksinya menggunakan cetakan dasar seperti hologram. Selain itu, dalam proses pembuatannya juga menggunakan mesin cetak digital sehingga mampu memberikan produk berkualitas.

10. Stiker Nama

Stiker Nama

Dari sekian banyaknya produk grafika, stiker nama mungkin menjadi salah satu jenis produk paling banyak diminati. Adapun proses pembuatan stiker nama sendiri menggunakan mesin cetak yang diberikan tinta sesuai dengan keinginan pelanggannya.

Logo

Hampir sama seperti stiker nama, logo juga termasuk ke dalam salah satu contoh produk grafika yang seringkali dibutuhkan oleh para instansi maupun perusahaan. Pembuatannya menggunakan teknik saring atau memicu bahan sehingga sanggup untuk menyerap tinta ke permukaan bahan melalui mesin cetak.

12. Packaging Botol Minuman

Packaging Botol Minuman

Perlu diketahui, para pelanggan yang ingin membeli produk seperti minuman sebenarnya bisa dipengaruhi karena adanya kemasan atau packaging botolnya. Selain dapat menarik minat konsumen, packaging juga bisa melindungi produk serta mencerminkan isi produk.

13. Kain Sablon

Kain Sablon

Kain sebenarnya juga bisa dicetak menggunakan alat printing pakaian. Bahkan hasil cetakan dari media kain ataupun pakaian tersebut juga bisa divariasikan sesuai dengan desain dari aplikasi di laptop dan komputer. Sehingga kain sablon sebagai produk grafika nantinya akan memiliki nilai seni dan keunikannya tersendiri.

14. Fotografi

Fotografi

Secara harfiah, fotografi dapat diartikan sebagai karya seni berisikan sebuah objek dalam suatu frame. Dimana hasilnya berupa foto atau gambar sehingga nantinya dapat dicetak menggunakan mesin print. Selain itu, hasil gambar juga bisa ditampilkan pada HP maupun komputer.

15. Produk dari Grafika Relief

Produk dari Grafika Relief

Contoh produk dari grafika selanjutnya yaitu relief. Secara umum, relief merupakan cetakan yang dalam penggunaannya menggunakan lapisan berupa cetakan terbuat dari balok kayu. Untuk membuat hasil cetakan sesuai keinginan, Anda bisa mengecat cetakan balok tersebut pada area timbul saja.

Sementara pada area tidak timbul jangan diberikan cat tinta. Lalu pada area timbul juga nantinya akan menghasilkan gambar atau tulisan sesuai pada balok tersebut. Contoh produk relief yaitu seperti stempel, embos dan lain sebagainya.

16. Produk dari Grafika Intaglio

Produk dari Grafika Intaglio

Kemudian produk dari grafika jenis intaglio ialah teknik dengan konsep timbul. Artinya, cetakan yang digunakan intaglio tersebut merupakan sebuah cetakan. Dimana setelah digoreskan pada aluminium, maka tinta yang ditorehkan akan timbul sesuai keinginan pembuatnya.

Namun, perlu diingat bahwa hasil cetakan intaglio nantinya akan permanen dan tidak akan bisa hilang. Adapun contoh produk dari teknik intaglio diantaranya yaitu seperti pembuatan uang kertas.

17. Produk dari Grafika Stensil

Produk dari Grafika Stensil

Kemudian produk dari grafika stensil menjadi contoh selanjutnya. Secara garis besarnya, teknik stensil menggunakan metode pemotongan dengan cara menggunting huruf atau angka pada kertas lalu ditempelkan pada tempat sesuai keinginan pembuatnya, seperti papan atau kain. Beberapa contoh produk stensil diantaranya yaitu seperti papan informasi, papan peringatan hingga spanduk.

18. Produk dari Grafika Kolagrafi

Produk dari Grafika Kolagrafi

Produk selanjutnya dari teknik grafika yang digunakan pada kolagrafi yaitu menggunakan metode cetak dan tempel. Biasanya orang-orang membuatnya menggunakan kanvas serta cat sehingga mampu menghasilkan lukisan. Untuk tata cara mencetaknya gambar pada kertas ini yaitu dengan mengarsir secara timbul pada kertas kosong.

19. Cap dengan Printing High

Cap dengan Printing High

Mungkin Anda merasa asing dengan istilah cap printing high. Dimana pembuatannya sendiri menggunakan bahan dari cetakan yang dicungkil dan membuat permukaan pada mesia akan menjadi lebih tinggi. Nantinya pada permukaan tersebut akan diberikan tinta warna sesuai keinginan. Contoh produk cap dengan printing high yaitu karpet, papan kayu, tiplek dan masih banyak lainnya.

20. Pembuatan Lithography

Pembuatan Lithography

Contoh produk daru teknik grafika terakhir yaitu lithography berupa hasil mesin cetak serta hasil dari teknik foto mekanik. Adapun tata cara pembuatannya yaitu menggunakan tulisan atau gambar dengan cetakan datar. Contoh produk dari lithography yaitu batu kapur yang bisa menghisap warna pada tinta.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar contoh produk grafika dilengkapi dengan pengertian, fungsi dan tujuan,hingga gambarnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat media promosi sebuah produk menggunakan teknik grafika.

Sumber gambar : tokopedia.com, id.aliexpress.com, bisnisumkm.com, grid.id, merdeka.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.