Properti

9 Jenis Investasi Properti Online Modal Kecil Keuntungan Besar!!

Trikves.com – Seperti diketahui, banyak orang beranggapan bahwa investasi properti hanya dapat dilakukan dengan cara membeli atau menyewakan bangunan saja. Padahal, ternyata saat ini sudah tersedia jenis investasi properti berbasis online yang tidak mengharuskan seseorang membeli rumah untuk melakukan investasi.

Dimana properti yang dijual belikan secara daring atau online ini juga sebenarnya cukup beragam, mulai dari rumah, apartemen, ruko, rukan, kios hingga perhotelan. Melalui investasi properti online, hal tersebut bisa terjangkau untuk kalangan anak muda ketika ingin menjamin masa tuanya, sebagai contoh para mahasiswa atau remaja yang hendak merintis usahanya.

Meskipun demikian, sebagai pemula ada baiknya Anda tidak mengambil langkah terburu-buru, pasalnya terdapat cukup banyak hal harus dipelajari sebelum memulai investasi properti. Saran kami, sebaiknya investasi properti online ini dijadikan sebagai investasi jangka panjang guna memperoleh keuntungan besar.

Oleh sebab itu, apabila berminat untuk berkecimpung di dalam dunia investasi properti online, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis peluangnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini Trikves.com akan membantu memberikan daftar rekomendasi jenis investasi properti online dengan modal kecil namun keuntungannya besar.

Pengertian Investasi Properti Online

Sebelum membahas mengenai jenis investasi properti online lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Mungkin Anda sudah mengerti bahwa investasi merupakan upaya penanaman modal atau dana dari satu pihak ke pihak lainnya guna meraup keuntungan (return) di masa depan.

Apabila merujuk pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi dapat diartikan sebagai penanaman modal, umumnya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap ataupun pembelian saham dan surat berharga demi mendapat keuntungan. Sementara investasi properti online sendiri sebenarnya hampir sama dengan investasi properti secara konvensional.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kedua jenis investasi properti tersebut hanya dibedakan berdasarkan penggunaan medianya. Dimana investasi properti online bisa didefinisikan sebagai semua kegiatan dalam hal finansial yang diharapkan mampu mendatangkan profit melalui media berbasis internet.

Keuntungan Investasi Properti Online

Perlu diketahui, investasi properti online dapat diakses oleh siapa saja, mulai dari perorangan, kelompok atau bahkan lembaga dan perusahaan. Adapun dunia investasi properti online sendiri biasanya menggunakan mata uang dalam bentuk elektronik.

Keberhasilan dalam menjalankan jenis investasi properti online merupakan hal paling membanggakan bagi seorang pemula. Oleh sebab itu, supaya bisa mencapai keberhasilan di dalam investasi properti online, Anda perlu mengatur strategi tepat dalam mencapai tujuan.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum terjun ke dalam dunia investasi properti online, berikut akan kami berikan sejumlah keuntungannya.

1. Bisa Mengecek Harga & Properti dengan Praktis

Salah satu keuntungan investasi properti online yaitu mempunyai harga transparan karena dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi di smartphone sehingga menjadi lebih nyaman serta mudah. Hanya dengan mengecek harga properti dalam satu sentuhan, Anda bisa melakukan transaksi jual beli berdasarkan harga terbaik.

2. Bisa Berinvestasi dengan Modal Kecil

Ketika hanya memiliki modal kecil, Anda bisa membeli saham pengembang properti ketimbang langsung membeli produk properti mereka. Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pengembang properti yang bisa dibeli portofolio sahamnya di pasar modal. Namun, perlu diingat bahwa saat berinvestasi saham, pastikan Anda mengerti dan memahami segala risiko ataupun prospeknya.

3. Cocok Sebagai Investasi Jangka Panjang

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa investasi properti online merupakan salah satu jenis investasi untuk jangka panjang, entah itu dengan membeli properti langsung ataupun melalui saham dari pada pengembang. Dimana nantinya Anda bisa merasakan keuntungan maksimal apabila mengendapkannya selama beberapa tahun.

4. Keamanan Terjamin Asalkan Memilih Platform Resmi

Keuntungan terakhir dalam berinvestasi properti online yaitu keamanan akan terjamin, asalkan memilih platform resmi. Saat ini sudah tersedia cukup banyak kasus investasi bodong apabila salah memilih platform. Maka dari itu, pastikan perusahaan penyedia investasi properti online tersebut memiliki izin resmi dari OJK.

Jenis Investasi Properti Online

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga keuntungan investasi properti online, selanjutnya Anda juga harus mengerti apa saja jenis-jenisnya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai sejumlah jenis investasi properti online yang dapat dijalankan dengan modal kecil namun keuntungannya besar.

1. Membeli Saham Pengembang Properti

Membeli Saham Pengembang Properti Online

Jenis investasi properti online pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan membeli saham dari pengembang atau developer properti. Hingga kini sudah tersedia cukup banyak developer properti yang bisa dibeli, mulai dari Ciputra, Sinar Mas Land, Pakuwon, Triniti Land dan lain sebagainya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa saham properti mempunyai harga naik turun. Maka dari itu, sebaiknya investasi dilakukan dalam jangka panjang atau minimal jangka menengah supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan cukup besar.

2. Dana Investasi Real Estate

Dana Investasi Real Estate

Dana Investasi Real Estate atau bisa disebut dengan nama DIRE ialah sebuah investasi yang dihimpun dari dana masyarakat. Dimana dana tersebut nantinya dikelola dan diinvestasikan ke berbagai macam aset properti seperti lahan kosong, bangunan, rumah dan jenis properti lainnya.

DIRE mewajibkan untuk menginvestasikan kurang lebih sekitar 80% dari dana kelolaannya ke sektor properti dengan minimal 50% harus berbentuk aset properti langsung. Namun, jenis investasi properti online seperti DIRE sulit ditemukan karena biasanya hanya dipasarkan pada investor institusi.

3. Obligasi Properti

Obligasi Properti

Rekomendasi jenis investasi properti online atau daring berikutnya yang bisa Anda ikuti yaitu obligasi properti. Investasi obligasi properti juga sebenarnya sangat aman karena perusahaan yang mengeluarkannya biasanya merupakan bagian dari pemerintah.

Salah satu perusahaan besar di Indonesia yang merilis obligasi properti adalah PP Properti (perusahaan BUMN). Pada saat membeli obligasi, investor akan mendapatkan bunga tetap sebesar 11.5% per tahun dengan bunga dibayarkan setiap 3 bulan sekali.

4. Crowdfunding

Crowdfunding

Crowdfunding atau patungan ialah salah satu jenis investasi properti online paling umum dilakukan di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya melakukan crowdfunding sebenarnya sangat mudah, investor hanya perlu menyumbang Rp 1.000.000 untuk membeli properti bersama orang lain.

Di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak perusahaan pengelola crowdfunding sehingga risiko penipuannya juga sangat tinggi. Maka dari itu, pastikan Anda memilih perusahaan pengelola crowdfunding dengan izin resmi dari OJK sebelum mulai berinvestasi.

5. Efek Beragunan Aset

Efek Beragunan Aset

Rekomendasi jenis investasi properti online terakhir untuk diikuti yaitu Efek Beragunan Aset atau EBA. Efek yang diterbitkan oleh Kontrak Investasi Kolektif (KIK) ini mempunyai bentuk seperti tagihan yang muncul dari surat berharga komersial, seperti KPR.

EBA diawasi oleh pemerintah Indonesia secara langsung sehingga aman untuk diikuti. Salah satu lembaga nasional yang mengeluarkan EBA yaitu Sarana Multigriya Finansial (SMF) yang hanya menawarkan EBA untuk investor institusi saja.

Risiko Investasi Properti Online

Di atas sudah dijelaskan bahwa jenis investasi properti online menawarkan kemudahan berinvestasi di sektor properti tanpa harus melakukan aktivitas offline, seperti mengunjungi produk properti langsung ke lokasi. Hanya bermodalkan gadget, jaringan internet dan telepon serta uang di rekening, tentunya investasi properti online dapat dilakukan dimana saja, termasuk dari rumah.

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan atau kelebihan, namun bukan berarti investasi properti online tidak mempunyai kelemahan ataupun risiko sama sekali. Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami berikan sejumlah risiko investasi properti secara online atau daring.

  • Investasi properti online merupakan investasi untuk jangka panjang sehingga untuk merasakan keuntungan maksimal, seseorang perlu mengendapkannya selama beberapa tahun.
  • Tidak likuid karena membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.
  • Tingginya tingkat kekhawatiran tersandung investasi bodong apabila tidak selektif dalam memilih platform penyedianya.
  • Hanya cocok bagi kalangan tertentu.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar jenis investasi properti online dilengkapi dengan sejumlah keuntungan hingga risikonya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak berinvestasi di sektor properti secara online atau daring.

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.