Bisnis Online

Komisi Shopee Affiliate Hilang? 7 Penyebab & Cara Mengatasi!

Trikves.com – Sebagaimana diketahui, menghasilkan uang melalui program afiliasi seperti Shopee Affiliate belakangan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun prinsip kerjanya tergolong cukup mudah, namun tetap saja terdapat beberapa kesulitan yang bisa penggunanya alami, salah satunya yaitu komisi Shopee Affiliate hilang.

Dimana komisi Shopee Affiliate sendiri akan penggunanya dapatkan ketika mereka menyebar link atau mempromosikan produk melalui beberapa akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan lain sebagainya. Nantinya dari setiap produk yang terjual tersebut pengguna akan mendapatkan komisi mulai dari 2,5% sampai 10% dari total harganya.

Namun sayangnya, terkadang seringkali pengguna Shopee Affiliate mengeluhkan bahwa mereka mengalami masalah seperti komisi atas penjualan produk yang dipromosikan tidak masuk atau bahkan hilang menjadi 0. Munculnya permasalahan tersebut sebenarnya bisa disebabkan karena berbagai macam hal, mulai dari faktor internal ataupun eksternal.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan pada program Shopee Affiliate tersebut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini Trikves.com akan menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab hingga cara mengatasi komisi Shopee Affiliate hilang.

Apa itu Shopee Affiliate?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai penyebab dan cara mengatasi komisi Shopee Affiliate hilang, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Shopee Affiliate merupakan sebuah program dari Shopee untuk bermitra dengan para influencer maupun orang-orang yang memiliki sosial media untuk mempromosikan suatu produk.

Ketika pengguna mempromosikan produk dari Shopee tersebut, maka nantinya mereka akan mendapatkan komisi dari setiap penjualannya. Cara kerjanya sendiri juga terbilang mudah, yaitu pengguna hanya perlu mendaftar Shopee Affiliate. Setelah pendaftaran diterima, pengguna bisa memilih produk yang akan dipromosikan di sosial media mereka.

Dimana komisi Shopee Affiliate sendiri akan didapatkan setelah produk yang dipromosikan melalui sebuah link tersebut dinyatakan terjual secara valid oleh pihak Shopee. Untuk besaran komisi yang akan didapatkan oleh pengguna atas penjualan produk sendiri biasanya ditentukan berdasarkan persentase, mulai dari 2,5% sampai 10%.

Cara Cek Komisi Shopee Affiliate

Bagi Anda yang sudah berhasil menjadi affiliator Shopee, saat ini proses pengecekan komisi Shopee Affiliate juga dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Shopee. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara cek komisi Shopee Affiliate di bawah ini, entah itu di smartphone Android ataupun iOS.

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Shopee di smartphone Anda, entah itu di HP Android ataupun iOS. Sebelum melanjutkan langkah-langkahnya, pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi jaringan internet di perangkat dalam keadaan lancar dan stabil.

2. Masuk Menu Akun

Masuk Menu Akun

Setelah berhasil masuk ke aplikasi Shopee, cara berikutnya yaitu masuk ke menu Profil atau Akun pengguna. Biasanya menu profil tersebut berada di bagian pojok kanan bawah layar smartphone.

3. Pilih Shopee Affiliates Program

Pilih Shopee Affiliates Program

Pada akun pengguna, akan tersedia cukup banyak pilihan atau program yang ditawarkan oleh Shopee. Silahkan scroll layar ke bawah sampai menemukan opsi Shopee Affiliates Program.

4. Ketuk Menu Komisi

Ketuk Menu Komisi Shopee Affiliate

Setelah berhasil masuk ke dalam opsi Shopee Affiliates Program, silahkan ketuk menu Komisi. Nantinya pada halaman ini akan tertera mengenai komisi Shopee Affiliate penggunanya, entah itu dalam jangka waktu Kemarin, 7 Hari Terakhir, hingga Bulan Ini.

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Hilang

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga tata cara mengecek komisi Shopee Affiliate, selanjutnya Anda juga harus mengerti apa saja hal yang bisa menjadi penyebab hilangnya komisi. Seperti sudah disinggung sebelumnya, hilangnya komisi Shopee Affiliate menjadi 0 sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari faktor internal ataupun eksternal.

Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan mengenai beberapa penyebab komisi Shopee Affiliate hilang berikut ini.

1. Jaringan Internet Buruk

Penyebab pertama kenapa komisi Shopee Affiliate hilang yaitu karena kondisi koneksi jaringan internet di perangkat dalam keadaan buruk atau tidak stabil. Sebab, untuk bisa mengakses halaman Shopee Affiliate Program, dibutuhkan adanya koneksi jaringan internet lancar dan stabil.

2. Komisi Belum Diakumulasikan

Kemudian penyebab selanjutnya yaitu karena saldo sementara atas komisi Shopee Affiliate belum diakumulasikan ke dalam akun pelanggan. Biasanya proses akumulasi komisi Shopee Affiliate sendiri membutuhkan jangka waktu tertentu.

3. Komisi Sudah Dicairkan

Komisi Shopee Affiliate sudah dicairkan ke dalam akun ShopeePay pengguna juga bisa menjadi salah satu penyebab permasalahan di atas. Pada umumnya permasalahan ini seringkali dialami oleh pengguna yang sudah mengaktifkan fitur penarikan saldo Shopee Affiliate secara otomatis ke akun ShopeePay.

Cara Mengatasi Komisi Shopee Affiliate Hilang

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab komisi Shopee Affiliate hilang, entah itu dari segi internal ataupun eksternal. Jika mengalami permasalahan serupa di atas, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Adapun tata cara mengatasi komisi Shopee Affiliate hilang tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Pastikan Koneksi Jaringan Internet Lancar

Cara mengatasi saldo komisi Shopee Affiliate hilang pertama yaitu memastikan bahwa koneksi jaringan internet di perangkat dalam keadaan stabil. Apabila Anda menggunakan koneksi seluler, sebaiknya ubahlah jaringan tersebut ke WiFi. Pasalnya, WiFi sendiri sudah terkenal dengan tingkat kecepatan koneksi internetnya.

2. Update Aplikasi Shopee

Setelah koneksi jaringan internet di perangkat dipastikan lancar, maka langkah selanjutnya yaitu mengupdate aplikasi Shopee di perangkat. Anda bisa mengupdate aplikasi Shopee di Play Store untuk Android ataupun di App Store untuk iOS. Saran kami, sebaiknya jangan menginstall aplikasi Shopee dari sumber yang tidak dikenal.

3. Periksa Saldo ShopeePay

Langkah mengatasi komisi Shopee Affiliate hilang berikutnya yaitu memuat ulang halaman ataupun aplikasi. Setelah itu, Anda bisa mengecek jenis transaksi mana yang hilang, entah itu semua komisi ataupun hanya komisi di hari tertentu saja. Apabila saldo menjadi Rp 0, maka kemungkinan besar telah dilakukan penarikan komisi ke akun ShopeePay. Oleh sebab itu, segeralah periksa saldo ShopeePay.

4. Hubungi Customer Service Shopee

Apabila beberapa solusi di atas masih belum berhasil untuk mengatasi masalah komisi Shopee Affiliate hilang, maka jalan satu-satunya untuk mendapatkan jawaban pasti yaitu dengan menghubungi customer service Shopee melalui email atau WhatsApp. Pastinya customer service Shopee akan membantu Anda dalam menemukan solusi terkait program Shopee Affiliate.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar penyebab dan cara mengatasi komisi Shopee Affiliate hilang, entah itu melalui situs resmi ataupun lewat aplikasi di HP Android dan iOS. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi saldo Shopee Affiliate hilang.

Sumber gambar : Aplikasi Shopee

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.