Bisnis Offline

√ Analisa Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog : Modal dan Keuntungan 2022

Trikves.com – Memahami tentang analisa usaha jamur tiram 1000 baglog akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin mencoba menjalaninya. Namun benarkan usaha ini membutuhkan modal besar untuk memulainya?

Membudidayakan jamur memang terdengar sepele apabila dibandingkan dengan beberapa bisnis modern dan terbaru saat ini. Hanya saja setelah melihat analisa usaha jamur tiram 1000 baglog, maka anda akan terkejut akan potensi keuntungan yang dihasilkan.

Namun ketidaktahuan terkadang membuat niat untuk memulai sebuah usaha jamur tiram memudar. Mungkin hal tersebut tidak akan terjadi apabila anda mengetahui hasil analisa usaha jamur tiram 1000 baglog.

Guna membantu anda yang ingin memulai sebuah kegiatan produktif, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan analisa usaha jamur tiram 1000 baglog. Silahkan Sobat Trikves simak setiap pembahasannya agar persiapan jadi lebih matang.

Keistimewaan Jamur Tiram

Dunia bisnis memang kerap berkembang, bertumbuh, dan memberikan kejutan bagi para penggiatnya. Salah satunya fenomena usaha jamur tiram yang belakangan ini menjadi buah bibir karena dianggap sebagai komoditi berharga.

Apabila dilihat secara fisik, maka bentuknya seperti tudung atau payung dengan warna putih. Tanaman satu ini dapat diolah karena memiliki tekstur kenyal dan memiliki aroma khas, tetapi tidak menyengat.

Umumnya jamur tiram memang digunakan sebagai bahan utama maupun pendamping sebuah masakan. Namun mengutip dari beberapa ahli gizi, ternyata jamur tiram mengandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan.

Berikut beberapa kandungan nutrisi pada jamur tiram.

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B4
  • Vitamin B9
  • Mineral tubuh, seperti zat besi, fosfor, kalsium, kalium, zinc, dan selenium.

Selain beberapa vitamin di atas, nyatanya jamur tiram juga memiliki antikoksidan untuk mencegah beragam penyakit kronis. Jadi selain menghasilkan keuntungan dari segi finansial, jamur tiram juga memiliki nilai gizi tinggi.

Hasil Analisa Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog

Setelah mengenal tentang jamur tiram, maka sudah saatnya masuk ke pembahasan tentang analisis usahanya. Bagaimana sebenarnya prospek dari jenis budidaya satu ini? Pastinya kalkulasi pada analisa usaha nantinya akan membuat anda berminat mencobanya.

Berikut beberapa analisa usaha jamur tiram dengan total 1000 baglog.

  • Rincian Modal Jamur Tiram 1000 Baglog
  • Keuntungan Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog

1. Rincian Modal Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog

Analisa modal usaha jamur tiram akan dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu inventaris dan biaya produksi. Jadi akan semakin mudah pengalokasian dana guna membangun usaha tersebut. Berikut analisa usaha jamur tiram.

  • Inventaris
KeteranganAlokasi
Rumah JamurRp. 3.500.000,00
Tangki SprayerRp. 450.000,00
TermometerRp. 100.000,00
BarometerRp. 150.000,00
JUMLAHRp. 4.200.000,00
  • Biaya Produksi Per Siklus Panen (4 Bulan)
KeteranganJumlah UnitHarga Per UnitAlokasi
Baglog1000Rp. 2.000,00Rp. 2.000.000,00
Biaya Listrik, air, dan TeleponRp. 100.000,00Rp. 100.000,00
Kuota Internet (Pemasaran)12 GBRp. 50.000,00Rp. 50.000,00
JUMLAHRp. 2.150.000,00

Berdasarkan analisa di atas, maka dapat disimpulkan bahwa anda harus menyiapkan modal awal sebesar Rp. 6.350.000,00 guna memulai usaha jamur tiram 1000 baglog. Namun hanya butuh beberapa bulan saja agar bisa mengembalikan modal tadi.

2. Keuntungan Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog

Berdasarkan analisa sebelumnya, setidaknya terdapat keuntungan dengan jumlah umum bagi pelaku usaha. Namun nominalnya akan bervariasi sesuai wilayah maupun kondisi perekonomian di Indonesia.

Umumnya jamur tiram akan mengalami masa panen sebanyak 7 kali dalam satu siklus (setiap 4 bulan). Dalam skenario secara umum, bisanya sekitar 80% atau 800 baglog saja yang berhasil panen. Berikut perkiraan keuntungan untuk jamur tiram 1000 baglog.

  • Berat Jamur Per Baglog: 0,42 Kg
  • Jumlah Baglog: 800 Pcs
  • Harga Per Kg (Asumsi): Rp. 10.000,00

a. Laba Kotor

(Berat Jamur Per baglog x Jumlah Baglog) x Harga Per Kg

(0,42 Kg x 800) x Rp. 10.000,00

336 x Rp. 10.000,00 = Rp. 3.360.000,00

b. Laba Bersih

Laba Kotor – Biaya Operasional

Rp. 3.360.000,00 – Rp. 2.150.000,00 = Rp. 1.210.000,00

Setelah melakukan analisa pendapatan, maka setidaknya terdapat keuntungan Rp. 1.210.000 per bulannya. Angka ini masih akan terus berkembang seiring dengan perkembangan usahanya juga.

Tips Mengembangkan Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog

Kini anda sudah mengantongi informasi mengenai hasil analisa dalam membuka sebuah usaha jamur tiram. Lantas bagaimana mengembangkannya agar dapat mendatangkan profit tinggi di masa mendatang?

Agar usaha jamur tiram 1000 baglog tadi tidak menjadi tren semata, maka berikut beberapa tips untuk mengembangkannya.

  • Membuat Sistem Pemasaran
  • Membangun Relasi
  • Mematuhi Regulasi Kesehatan
  • Perawatan Tempat Budidaya
  • Pencatatan Laporan Keuangan

1. Membuat Sistem Pemasaran

Sebuah usaha jamur tiram 1000 baglog akan lebih berkembang saat diimbangi dengan kegiatan pemasaran yang masif pula. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai media sosial maupun promosi secara lisan.

Kami sudah pernah membahas tentang Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan ini dalam satu pembahasan tersendiri. Jadi anda dapat mengetahui apa saja informasi pada sebuah produk untuk digunakan sebagai senjata dalam pemasaran.

2. Membangun Relasi

Koneksi dengan beberapa relasi dan konsumen terkadang penting dalam membangun pondasi usaha yang kuat. Apalagi jika jamur tiram 1000 baglog tersebut memiliki kualitas, maka akan semakin membangun kepercayaan konsumen.

Mulailah dengan menjalin komunikasi dengan konsumen. Dari situ sebuah relasi akan lebih mudah terbentuk sehingga tercipta hubungan saling menguntungkan.

3. Mematuhi Regulasi Kesehatan

Kredibilitas usaha dapatm dibangun melalui beberapa cara dan salah satunya adalah mengikuti regulasi. Sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan biasanya erat kaitannya dengan kesehatan. Jadi silahkan kedepannya buat suatu ijin usaha.

Anda dapat melakukannya secara online maupun offline melalui instansi resmi. Silahkan kunjungi pembahasan tentang Apa Itu SIUP sebagai panduan dalam memproses legalitas sebuah usaha jamur 1000 baglog.

4. Perawatan Tempat Budidaya

Kebanyakan konsumen cenderung menyukai tempat usaha higienis. Maka dari itu pemilik harus menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan dari tempat usaha jamur tiram. Lakukan perawatan secara berkala sehingga kegiatan operasional lebih nyaman dijalankan.

5. Pencatatan Laporan Keuangan

Kebanyakan usaha pemula sering mengabaikan tentang pencatatan laporan keungan tiap periode. Kendati usaha jamur tiram 1000 baglog terhitung sebagai UMKM, maka tetap harus diadakan pencatatan laporan keuangan.

Adanya laporan keuangan tersebut juga dapat menjadi fungsi monitoring seberapa banyak dana masuk dan keluar dalam berbagai kesempatan. Kemudian kegiatan operasional apa saja yang berpotensi menguntungkan maupun merugikan.

Kesimpulan

Ternyata berdasarkan analisa usaha jamur tiram 1000 baglog di atas, modal yang dibutuhkan cukup terjangkau. Namun jumlah masih bisa bertambah lagi tergantung dengan perbedaan harga pasar di wilayah serta pengalokasian dana.

Apabila anda ingin melakukan diversifikasi atau penganekaragaman usaha, maka silahkan kunjungi juga pembahasan tentang Modal Awal Usaha Frozen Food sebagai tambahan referensi. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu mengembangkan perekonomian Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.