Bisnis Online

24 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee bagi Pemula Terjitu 2022

Trikves.com – Semakin ketatnya persaingan usaha, seorang seller harus mampu mengetahui cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula. Pasalnya saat ini konsumen semakin selektif.

Kemajuan teknologi memberikan peluang besar bagi siapa saja untuk memulai bisnis online. Jadi mau tidak mau, anda harus memutar otak dengan cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula.

Alih-alih berusaha menarik hati konsumen, justru omset penjualan semakin menurun. Lantas, dimana letak kesalahan dari cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula yang sudah dilakukan?

Agar masalah tidak bertambah besar, maka akan kami bahas cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula secara mendalam. Jadi, pastikan Sobat Trikves simak informasi bisnis ini hingga tuntas.

Shopee Surganya Para Seller

Dari sekian banyak marketplace online, kenapa anda harus memilih Shopee sebagai sarana penjualan? Jika berbicara fakta, Shopee merupakan salah satu E-commerce yang paling sering dikunjungi.

Secara otomatis, peluang dalam meraih pangsa pasar terbuka sangat lebar bagi semua pelapak. Ramai tidaknya pengunjung sebuah lapak pemula di Shopee kini hanya tergantung pada cara pemasarannya.

Semakin menarik pemasaran yang dilakukan, maka semakin besar juga peluang banjir orderan pada suatu produk. Namun perlu diingat bahwa pelapak pemula di Shopee tidak hanya anda seorang.

Jadilah unik dan berbeda dari pada yang lain. Pahami bagaimana cara suatu sistem pasar bekerja agar anda bisa menemukan setitik celah guna meningkatkan penjualan.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee bagi Pemula Terakurat

Celah atau dalam bahasa bisnis, yaitu kesempatan, merupakan hal yang hanya bisa dilihat oleh orang tertentu saja. Agar kesempatan tersebut datang, berikut beberapa cara dalam meningkatkan penjualan.

1. Tingkatkan Kualitas Visual Produk

Meningkatkan visual produk penjualan di Shopee dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah memilih sudut produk secara tepat saat pengambilan gambar kemudian lakukan proses editing.

2. Tentukan Harga Kompetitif Atas Produk

Harga merupakan faktor sentimen pasar di Shopee. Khusus bagi pemula, disarankan menggunakan harga kompetitif sebagai cara meningkatkan penjualan. Tidak terlalu di atas juga tidak terlalu di bawah harga pasar.

3. Perbanyak Varian Produk

Semakin banyak produk berarti semakin leluasa pengunjung dalam memilih dan memenuhi kebutuhannya. Tidak perlu menjual semua barang, tetapi jual semua jenis barang sesuai kategori toko.

Misalnya. anda membuka toko Handphone di Shopee. Secara otomatis varian produk yang dijual tentu saja berhubungan dengan handphone seperti aksesoris, peralatan pendukung HP, dan lain-lain.

4. Tingkatkan Kuantitas Follower Akun Toko

Cara termudah bagi pembeli menilai sebuah lapak adalah melihat jumlah follower di Shopee. Semakin banyak jumlah follower, maka semakin terlihat kredibilitas dari sebuah toko.

Saran bagi pemula, sembari melakukan pelayanan, ajak konsumen untuk follow akun toko. Dengan demikian, upaya tersebut mampu meningkatkan penjualan dan follower bersamaan.

5. Pahami Permintaan dan Penawaran

Sebagai seorang seller, anda harus peka terhadap permintaan serta penawaran pasar. Cara ini dapat mengindikasikan produk apa yang paling diminati di toko. Jadi anda dapat menjadikannya prioritas.

6. Manfaatkan Penggunaan Sosial Media

Sosial media selalu menjadi senjata utama bagi para seller dalam meningkatkan penjualan di Shopee. Pasalnya promosi di sosial media dapat menjangkau area luas sehingga barang lebih cepat dikenal.

Cara ini terbukti sangat efektif digunakan bagi para seller pemula di Shopee. Silahkan manfaatkan kreativitas dalam promosi dan sebisa mungkin gunakan ide gagasan agar orang menaruh perhatian.

7. Gunakan Tren Endorsement

Endorse menjadi salah satu cara terbaik guna meningkatkan penjualan di Shopee. Pasalnya, penggunaan influencer lebih mampu mengundang daya tarik masyarakat. Jadi silahkan bagi pemula menggunakan endorse.

8. Lakukan Update Secara Teratur

Sebagai pemula, ada baiknya kalian rutin update kondisi ketersediaan barang. Jangan sampai membuat pengunjung di Shopee mendapatkan harapan palsu. Cek stok barang kemudian lakukan update ketersediaan.

9. Responsif Terhadap Konsumen

Terkadang banyak konsumen mengeluh tentang lambatnya seller dalam menanggapi sebuah pertanyaan seputar produk. Hal tersebut tentunya membuat pembeli jadi habis kesabaran. Jadi usahakan aktif dan tanggap ketika menerima pertanyaan dari konsumen.

10. Bagikan Testimoni Positif

Testimoni juga dapat meningkatkan penjualan di Shopee. Cara ini sering digunakan para seller sebagai pembuktian bahwasanya toko memiliki tingkat kredibilitas tinggi. Jadi silahkan gunakan cara tersebut apabila anda masihlah merupakan seorang seller pemula.

11. Tingkatkan Kualitas Pengemasan

Dewasa ini banyak orang memiliki keluhan bahwasanya barang mengalami kerusakan sewaktu diterima. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi dan salah satunya adalah pengemasan.

Bagi pemula, cobalah mengemas barang secara aman serta pertimbangkan kemungkinan benturan serta tindihan. Jadi saat pengunjung sudah order di Shopee, maka barang bisa sampai ke tempat tujuan dengan kondisi utuh.

12. Menjadi Seller yang Bertanggung Jawab

Apabila barang ternyata kurang memuaskan karena kesalahan toko, maka berani bertanggung jawab. Tanggung jawab tersebut akan meningkatkan penjualan serta kepercayaan konsumen.

Apalagi di Shopee banyak sekali seller yang memungkinkan pelanggan untuk pindah. Jadi usahakan menjaga kualitas barang serta rasa tanggung jawab terhadap transaksi yang sudah dilakukan.

13. Aktif Meramaikan Event Shopee

Shopee menjadi salah satu marketplace yang rutin mengadakan event bagi pengunjungnya. Sebisa mungkin anda ikut dalam beberapa event tersebut. Tentunya bagi pemula, acara tersebut merupakan sarana promosi gratis.

14. Lakukan Dekorasi Halaman Lapak

Kerapian tata letak produk serta tempat penjualan tidak hanya berlaku di toko konvensional saja. Lapak online pun juga demikian. Jadi saran bagi pemula, apabila kalian ingin meningkatkan penjualan, maka buatlah konsumen betah berada di halaman lapak.

Cara agar dapat menjaga kenyamanan konsumen adalah dengan melakukan desain pada halaman lapak. Tata katalog serapi mungkin sehingga dapat memanjakan mata pengunjung.

15. Berpikir Layaknya Konsumen

Terakhir adalah berpikir layaknya seorang konsumen. Cara ini terbukti mampu meningkatkan penjualan karena dengan memposisikan diri sebagai konsumen, anda jadi tahu apa yang baik dan buruk saat dilakukan.

Fitur Shopee untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Cara di atas cenderung lebih berfokus pada mengasah kemampuan diri dalam meningkatkan penjualan. Sebagai pemula, anda masih punya Kartu AS guna meningkatkan penjualan, yaitu Fitur Layanan Seller.

Namun bagaimana cara menggunakan fitur layanan tersebut? Agar dapat memberikan informasi yang lengkap, berikut daftar beberapa Fitur Layanan Seller dan cara menggunakannya.

1. Fitur Edit Produk untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Shopee memiliki sebuah fitur bernama edit produk di bagian Seller Center. Fungsinya adalah merubah nama, deskripsi, dan gambar barang jualan. Berikut langkah-langkah dalam menggunakannya.

  • Pada halaman Seller Center, silahkan pilih menu Produk Saya di bagian kanan tampilan.
silahkan pilih menu Produk Saya di bagian kanan tampilan
  • Selanjutnya silahkan pilih produk toko yang akan di edit, kemudian tekan Ubah.
silahkan pilih produk toko yang akan di edit, kemudian tekan Ubah
  • Ubah informasi sesuai kolom tersedia. Lalu terakhir tekan Update.
Lalu terakhir tekan Update

2. Fitur Stok Saya untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Stok Saya merupakan salah satu layanan seller dari Shopee guna mengatur informasi ketersediaan produk di Shopee. Mulai dari sisa Stok, kemudian pengingat batas minimal stok, dan masih banyak lainnya. Berikut langkah-langkah penggunaan fitur Stok Saya bagi pemula.

  • Masuk kedalam halaman Shopee Seller Center.
  • Silahkan pilih menu Stok Saya di bagian kanan tampilan.
Silahkan pilih menu Stok Saya di bagian kanan tampilan
  • Aktifkan peringatan Stok hingga berwarna hijau.
Aktifkan peringatan Stok hingga berwarna hijau
  • Kemudian gunakan indikator Seluruh Stok guna melihat kondisi ketersediaan barang.
Kemudian gunakan indikator Seluruh Stok guna melihat kondisi ketersediaan barang

3. Fitur Promo Toko untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Cara meningkatkan penjualan di Shopee berikutnya adalah menggunakan fitur Promo Toko. Layanan ini ditujukan khusus bagi penjual guna menjual barang secara promo dalam kurun waktu tertentu. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur promo bagi pemula.

  • Buka halaman Toko saya pada aplikasi Shopee Seller Center terinstal di smartphone.
  • Kemudian silahkan lakukan tap pada menu Promosi Saya.
silahkan lakukan tap pada menu Promosi Saya
  • Selanjutnya pilih menu Promo Toko pada tampilan.
Selanjutnya pilih menu Promo Toko pada tampilan
  • Berikutnya silahkan tap kotak Buat Promo Diskon Baru di bagian bawah layar.
Berikutnya silahkan tap kotak Buat Promo Diskon Baru di bagian bawah layar
  • Isi informasi promosi sesuai kolom tersedia. Kemudian lakukan tap pada kotak Simpan.
Isi informasi promosi sesuai kolom tersedia

4. Fitur Paket Diskon untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Cara meningkatkan penjualan di Shopee juga dapat dilakukan menggunakan layanan Paket Diskon. Tujuan dari fitur tersebut adalah menjual barang secara paket (bundle). Berikut langkah-langkah dalam membuat paket diskon bagi pemula.

  • Buka Shopee Seller Center guna memulai aktivasi fitur Paket Diskon.
  • Silahkan pilih menu Promosi Saya di bagian pojok kanan tampilan.
Silahkan pilih menu Promosi Saya di bagian pojok kanan tampilan
  • Langkah selanjutnya, silahkan pilih menu Paket Diskon.
Langkah selanjutnya, silahkan pilih menu Paket Diskon
  • Klik menu Buat di bagian kiri tampilan.
Klik menu Buat di bagian kiri tampilan
  • Lengkapi terlebih dahulu informasi dasar, kemudian klik Tambah Produk.
Lengkapi terlebih dahulu informasi dasar
  • Pilih produk apa saja yang akan anda masukan kedalam paket penjualan. Kemudian tekan Konfirmasi.
Pilih produk apa saja yang akan anda masukan kedalam paket penjualan
  • Apabila sudah merasa yakin dengan paket yang dibuat, langsung saja tekan Konfirmasi.
Apabila sudah merasa yakin dengan paket yang dibuat, langsung saja tekan Konfirmasi

5. Voucher Toko Saya untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Voucher Toko Saya merupakan fitur dari Shopee guna meningkatkan penjualan. Tentu saja penggunaan fitur ini digunakan guna memberikan potongan harga pada produk tertentu. Berikut langkah-langkah dalam membuat Voucher Toko Saya bagi pemula.

  • Langkah pertama, buka halaman Shoppee Seller Center kemudian pilih Voucher Toko Saya.
buka halaman Shoppee Seller Center kemudian pilih Voucher Toko Saya
  • Klik kotak bertuliskan +Buat pada bagian kanan.
Klik kotak bertuliskan +Buat pada bagian kanan.
  • Isikan semua informasi dasar beserta dengan rincian bonus pada voucher.
Isikan semua informasi dasar beserta dengan rincian bonus pada voucher
  • Apabila semua kolom sudah terisi, maka silahkan pilih Konfirmasi.
Apabila semua kolom sudah terisi, maka silahkan pilih Konfirmasi

6. Fitur Gratis Ongkir untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Gratis Ongkir merupakan sebuah layanan dari Shopee guna memberikan membebaskan biaya kirim ke pelanggan. Alhasil, banyak pengunjung melakukan order karena tidak ada biaya tambahan. Berikut langkah-langkah guna mengaktifkan Gratis Ongkir bagi seller pemula.

  • Silahkan buka aplikasi Shopee terinstal pada Smartphone anda.
  • Kemudian pilih menu Gratis Ongkir & Voucher pada halaman utama.
pilih menu Gratis Ongkir & Voucher pada halaman utama
  • Tap Ketentuan dan Syarat di bagian pojok kanan bawah.
Tap Ketentuan dan Syarat di bagian pojok kanan bawah
  • Baca segala informasi pada halaman tersebut, kemudian tekan DAFTAR SEKARANG.
Baca segala informasi pada halaman tersebut, kemudian tekan DAFTAR SEKARANG
  • Isikan formulir tersedia dan unggah foto KTP beserta Swafoto dengan memegang KTP.
Isikan formulir tersedia dan unggah foto KTP beserta Swafoto dengan memegang KTP
  • Centang kotak persetujuan, kemudian langsung saja tap Kirim.
Centang kotak persetujuan, kemudian langsung saja tap Kirim

7. Fitur Campaigns untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Setelah mengetahui berbagai fitur promo dari Shopee, kali ada sebuah layanan bernama Campaigns. Layanan tersebut berupa misi yang harus di jalankan oleh seller pada saat event besar. Berikut langkah-langkah dalam mengikuti Campaigns bagi pemula.

  • Langkah pertama, anda harus klik menu Seller Mission di bagian samping kanan.
Langkah pertama, anda harus klik menu Seller Mission di bagian samping kanan
  • Secara otomatis, rincian misi akan muncul untuk dikerjakan.
Secara otomatis, rincian misi akan muncul untuk dikerjakan

8. Fitur Top Picks untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Apabila anda memiliki sebuah produk unggulan di toko, maka manfaatkan layanan Top Picks guna meningkatkan penjualan. Melalui fitur ini, maka produk ungggulan akan terpampang di toko Shopee. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan fitur Top Picks.

  • Silahkan pilih menu Promosi Saya saat berada pada halaman Shopee Seller Center.
Silahkan pilih menu Promosi Saya saat berada pada halaman Shopee Seller Center
  • Selanjutnya pilih menu Produk Pilihan Toko pada tampilan.
Selanjutnya pilih menu Produk Pilihan Toko pada tampilan
  • Tekan kotak bertuliskan + Tambah Koleksi.
Tekan kotak bertuliskan + Tambah Koleksi
  • Apabila sudah berada pada halaman tambah koleksi, silahkan Masukan Nama Koleksi terlebih dahulu. Kemudian silahkan anda tekan Tambah Produk.
silahkan Masukan Nama Koleksi terlebih dahulu. Kemudian silahkan anda tekan Tambah Produk
  • Silahkan pilih produk yang anda anggap sebagai unggulan, kemudian tekan Konfirmasi.
Silahkan pilih produk yang anda anggap sebagai unggulan, kemudian tekan Konfirmasi

9. Fitur Flash Deals untuk Meningkatkan Penjualan bagi Pemula

Flash Deals merupakan layanan yang memberikan kesempatan bagi seller pemula guna mengikutkan produk jualannya pada event Flash Sale Shopee. Apabila anda berminat mendaftarkannya, berikut langkah-langkah dalam mengikuti Flash Deals bagi pemula.

  • Pastikan anda sudah Login terlebih dahulu kedalam Shopee Seller Center.
  • Selanjutnya pilih Promosi Saya, kemudian tekan Flash Sale Shopee pada halaman.
  • Setelah berada pada halaman Flash Sale Shopee, silahkan pilih tab Semua dan lanjutkan dengan menekan Daftar Sekarang.

Tantangan Meningkatkan Penjualan di Shopee bagi Pemula

Melakukan penjualan secara online memang memiliki tantangan tersendiri. Hal itulah yang terkadang menjadikan sebuah jalan menuju kesuksesan berada di luar ekspektasi.

Kendati demikian, tantangan ada bukan untuk dihindari, tetapi untuk ditaklukan. Agar seller dapat melakukan tindak pencegahan, berikut tantangan dalam penjualan di Shopee yang perlu diketahui.

1. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan menjadi salah satu tugas tersendiri bagi para seller. Pasalnya semakin meningkat angka penjualan, maka akan semakin besar juga alokasi dana demi mengembangkan toko kedepannya.

Belum lagi masalah retur, kendala produk, dan beberapa masalah yang sekiranya dapat menyebabkan pengeluaran modal. Jadi atur keuangan mulai dari sekarang dengan cara rutin melakukan rekap harian.

2. Perkembangan Teknologi

Semakin berkembang teknologi, maka semakin berkembang juga pemikiran konsumen akan suatu produk. Jadi usahakan agar anda juga dinamis serta mau terbuka pada perkembangan teknologi tersebut.

Lakukan berbagai inovasi serta beberapa cara kreatif agar dapat meningkatkan penjualan di Shopee. Apalagi perkembangan tersebut juga memberi peluang bagi pemula lainnya berjualan di lapak Shopee.

3. Karakter Pelanggan

Mengenali karakteristik pelanggan juga merupakan tantangan tersendiri bagi seller pemula. Apalagi pelanggan tersebut tidak tampak secara fisik sehingga sulit bagi para penjual melihat psikologisnya.

Jadi usahakan beri pelayanan terbaik berikan informasi secara lengkap dengan penuh kesabaran. Dengan demikian, hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan di Shopee.

4. Oknum Kejahatan Cyber

Persaingan dalam dunia usaha memang tidak selamanya sehat. Apalagi setiap individu kini dapat menggunakan akun alter (akun kedua bukan asli) guna menjatuhkan pesaing.

Cara menaklukan tantangan tersebut masih sama, yaitu mengupayakan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Upayakan fokus membangun kepercayaan terhadap konsumen sehingga modus kejahatan seperti ini tidak akan mempan bagi pemula.

5. Mempertahankan Pelanggan

Tantangan berikutnya adalah mempertahankan pelanggan. Cara mempertahankan pelanggan tentu saja dengan meningkatkan kualitas pelayanan juga. Jangan sampai terlena karena sudah banjir orderan. Selalu ingat bahwasanya di belakang anda masih terdapat pesaing.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula yang bisa diterapkan saat menjadi seller. Manfaatkan segala layanan dari Shopee untuk meningkatkan penjualan toko.

Selain strategi teknikal di atas, asah juga wawasan akademik tentang dunia bisnis. Silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu Bisnis Online sebagai sarana berbagi ilmu dan pengetahuan.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.