Reksadana

12 Cara Pasang Stop Loss di IPOT Mobile & Keuntungannya!

Trikves.com – Tidak bisa kita pungkiri, kerugian dalam bermain investasi saham reksadana merupakan hal paling di takuti setiap investor. Bahkan untuk meminimalisir kerugian semakin membesar, terkadang banyak investor yang akan selalu bermain dengan hati-hati dengan terus memantau pergerakan naik turunnya harga pasar saham yang dimiliki.

Secara garis besar cara bermain seperti itu memang tidak salah, namun tentunya akan menyita banyak sekali waktu. Melihat hal tersebut serta melihat perkembangan teknologi yang kini semakin meningkat serta semakin banyaknya investor baru yang mencoba peruntungannya dalam bermain investasi saham reksadana maupun lainnya.

Tidak bisa kita pungkiri saat ini ada banyak strategi investasi yang mungkin akan dapat membantu dalam hal meminimalisir kerugian. Nah dari banyaknya strategi tersebut, salah satu yang mungkin bisa dibilang cukup populer belakangan ini adalah dengan cara memasang Stop Loss di aplikasi investasi yang digunakan.

Jika kita lihat secara luas tentu ada banyak sekali metode / cara untuk dapat memasang Stop Loss. Namun karena mungkin di Indonesia ini banyak investor saham reksadana yang lebih memilih menggunakan aplikasi IPOT milik PT Indo Premier Sekuritas. Berikut ini akan trikves.com bagikan cara pasang Stop Los di IPOT mobile.

Mengenal Apa Itu Stop Loss di IPOT

Dalam investasi, kondisi rugi / istilahnya loss mungkin sudah menjadi hal yang lumrah dialami. Karena memang pada dasarnya itu adalah sebuah perjalanan / siklus yang mungkin akan selalu dilalui para investor baru maupun lama.

Namun seperti kami sampaikan di atas, meminimalisir kerugian yang di alami saat berinvestasi tentu menjadi hal yang perlu dilakukan agar keuntungan demi keuntungan bisa di dapat. Memanfaatkan strategi investasi yang baik adalah kunci utamanya.

Dan seperti kami singgung di atas, salah satu metode / cara yang dapat digunakan yakni dengan memasang Stop Loss. Namun sebelum kita bahas lebih dalam tentang cara pasang Stop Loss di IPOT mobile, berikut definisi / arti Stop Loss itu sendiri.

Stop Loss dalam investasi adalah sebuah batasan yang dilakukan untuk membantu meminimalisir kerugian. Dimana bila kita lihat secara luas, hal ini berarti saat ada harga bergerak tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan menyentuh batasan (Stop Loss) tersebut.

Maka secara otomatis aktivitas order yang dilakukan akan berhenti. Dengan begitu kerugian yang dialami pun masih dapat diperhitungkan di awal ketika kita akan pasang stop loss tersebut.

Penting / Tidakkah Pasang Stop Loss?

Nah setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan stop loss seperti trikves.com sampaikan. Setidaknya ketika menggunakan IPOT mobile untuk transaksi jual beli reksadana. Hal ini tentu akan cukup membantu meminimalisir kerugian yang di alami.

Namun pertanyaannya disini, penting / tidakkah kita sebagai seorang investor memasang Stop Loss?

Bila kita lihat secara definisi di atas, jelas hal ini bisa dibilang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena jelas pasang Stop Loss di IPOT akan dapat membuat tingkat kerugian yang di timbulkan saat berinvestasi reksadana akan berkurang.

Meskipun begitu ternyata ada pula sebagian besar orang yang sama sekali tidak menyukai keberadaan strategi investasi ini.

Kenapa begitu?

Karena di saat pasang Stop Los, itu artinya kita sebagai investor akan mendapatkan resiko untuk menutup posisi dalam keadaan loss. Terutama ketika harga masih dalam keadaan koreksi / dalam keadaan harga yang memungkinkan kita tidak mengalami kerugian.

Dari penjelasan di atas, lantas penting / tidakkah kita sebagai seorang investor pasang / memasang Stop Loss pada aplikasi yang digunakan?.

Jawabannya jelas itu semua tergantung pada preferensi setiap orang / setiap investor. Jika memang memiliki kemampuan dalam membaca situasi pasar, mungkin pasang Stop Loss sama sekali tidak diperlukan.

Namun sebaliknya, jika masih dalam tahap belajar mungkin pada stop loss jadi solusi bagi kalian yang ingin mengurangi angka kerugian.

Cara Pasang Stop Loss di IPOT Mobile

Setelah paham dengan apa itu Stop Loss dan juga fungsi serta manfaat yang akan di dapat seperti di atas trikves.com sampaikan. Lantas bagaimana sih cara pasang stop loss di IPOT? buat kalian yang penasaran dan ingin mencobanya, silahkan ikuti panduan kami di bawah ini.

1. Buka Aplikasi IPOT

1 Buka Aplikasi IPOT

Langkah pertama pastikan sudah menggunakan versi aplikasi IPOT terbaru, kemudian buka dan login menggunakan akun masing-masing.

2. Pilih Robot Trading

2 Pilih Robot Trading

Di halaman awal, scroll ke bagian paling bawah lalu pilih menu Robot Trading seperti gambar di atas.

3. Pilih Robot New Task

3 Pilih Robot New Task

Jika sudah memilihnya, akan muncul pop up yang terlihat dengan berbagai macam menu pilihan didalamnya, pada tahap ini silahkan klik bagian Robot New Task.

4. Masukkan Kode Saham

4 Masukkan Kode Saham

Klik bagian pensil yang kami tunjuk lalu silahkan masukkan kode saham yang ingin kalian jual, jika tidak tahu gunakan saja menu pencarian di sisi atas.

5. Tentukan Tanggal Stop Loss

5 Tentukan Tanggal Stop Loss

Setelah memilih dan menentukan saham apa yang akan dijual, silahkan tentukan tanggal stop loss pada bagian yang kami tandai.

6. Klik Last Price

6 Klik Last Price

Jika sudah klik bagian last price dan pilih tanda lebih kecil (≤) seperti pada gambar di atas.

7. Masukkan Harga yang Diinginkan

7 Masukkan Harga yang Diinginkan

Sampai disini silahkan masukkan harga yang diinginkan, harga disini adalah harga jual yang ingin di dapat yah.

8. Pilih Action Sell

8 Pilih Action Sell

Centang bagian Actions, nanti akan muncul opsi lain. Nah pada opsi ini silahkan klik Sell / Jual.

9. Masukkan Jumlah Lot Dijual

9 Masukkan Jumlah Lot Dijual

Di bagian ini kalian akan diminta untuk memasukkan jumlah lot yang akan dijual, silahkan isi sesuai kebutuhan.

10. Klik Submit

10 Klik Sumbit

Jika sudah semua panduan cara pasang stop los di IPOT sudah kalian ikuti dengan benar, lanjutkan dengan menekan tombol submit.

11. Konfirmasi & Submit

11 Konfirmasi Submt

Sesudah itu akan muncul tampilan / rincian pengaturan yang sudah kalian buat, silahkan konfirmasi semua pengaturan tersebut dan pastikan sudah sesuai. Jika sudah tap submit sekali lagi.

12. Berhasil

12 Berhasil

Jika muncul tampilan seperti di atas, itu artinya kalian sudah berhasil pasang Stop Loss di IPOT mobile.

Kesimpulan

Dengan kalian memasang Stop Loss seperti di atas, nantinya ketika harga saham turun di bawah angka yang telah kalian pasang / tetapkan. Secara otomatis jumlah lot yang kalian isi di bagian penjualan akan otomatis terjual.

Bagaimana cukup mudah bukan cara pasang stop loss di IPOT mobile ini? yang jelas dengan memanfaatkan metode / cara ini akan sangat membantu dalam hal meminimalisir terjadinya kerugian besar karena harga saham yang terus menurun.

Dan kiranya cukup sekian pembahasan trikves.com kali ini terkait langkah dan cara pasang stop loss di IPOT mobile, semoga apa yang sudah kami bagikan dan jelaskan di atas bisa membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.