Reksadana

3 Cara Cek Dividen di IPOT : Jadwal Pembagian & Emiten Tertinggi

Trikves.com – Masih menjadi salah satu platform aplikasi saham terbaik, IPOT yang secara resmi dikeluarkan oleh PT Indo Premier Sekuritas masih terus mendapatkan perhatian para investor. Mudah digunakan serta kaya akan fitur menjadi salah satu keunggulan yang pasti akan didapat.

Tidak hanya bisa digunakan untuk beli reksadana, IPOT sendiri memiliki cukup banyak fitur menarik yang memungkinkan kalian bisa memantau perkembangan pasar saham setiap saat. Bahkan yang paling menariknya lagi, kalian juga bisa menggunakannya untuk cek dividen yang dibagi perusahaan saham.

Yah, tidak bisa kita pungkiri, menjadi seorang investor saham tentu saja salah satu celah / cara pasti untuk bisa mendapatkan keuntungan yakni dengan adanya pembagian dividen yang dilakukan oleh perusahaan saham yang kita beli.

Oleh karena itulah, buat kalian para pemilik saham di IPOT pastikan tahu bagaimana cara cek dividen di IPOT baik itu cek dividen yang akan datang atau yang sudah dibagi. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkannya untuk mengetahui apa saja perusahaan Emiten yang memberikan dividen tertinggi.

Mengenal Apa Itu Dividen

Memahami pentingnya pemanfaatan sebuah platform investasi seperti IPOT memang sudah menjadi keharusan bagi para pengguna. Karena disini selain untuk buy & sell saham reksadana yang kita inginkan / miliki. Seperti trikves singgung di atas, kita juga bisa tahu jadwal pembagian dividen dan pemberi Dividen tertinggi.

Hanya saja sebelum kita melangkah jauh ke topik pembahasan tentang cara cek dividen di IPOT mungkin tak ada salahnya kita kenali dulu apa itu Dividen. Jadi buat para pemain reksadana saham baru akan lebih mudah memahami penjelasan yang akan kami bagikan di bawah.

Jadi singkatnya Dividen adalah bentuk pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan kepada para pemegang / pemilik saham mereka. Dimana pembagian ini akan didasarkan pada investasi yang dimiliki setiap pemegang saham di periode tertentu.

Namun perlu digarisbawahi, pembagian besar kecilnya dan atau dapat tidaknya dividen bagi para pemilik saham sendiri akan sangat tergantung kepada kondisi perusahaan serta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen sendiri dibagi ke dalam dua jenis yaitu:

  • Dividen Tunai
    Dividen Tunai adalah dividen yang dibagikan perusahaan kepada para investor dalam bentuk tunai dan akan dibagikan sesuai dengan tingkat keuntungan dari perusahaan di periode tersebut.
  • Dividen Saham
    Sesuai namanya, Dividen saham adalah pembagian dividen dari perusahaan kepada investor dalam bentuk saham yang akan langsung masuk ke masing-masing rekening / akun.

Dari dua jenis dividen tersebut, mungkin saat ini paling banyak dijumpai adalah dividen tunai. Dan perlu dicatat!, umumnya para perusahaan yang sudah membagikan dividen dalam bentuk tunai tidak akan memberikan dividen dalam bentuk saham.

Bahkan bisa dibilang perusahaan pemberi dividen dalam bentuk saham pun terbilang cukup jarang ada. Karena seperti trikves.com singgung, hampir rata-rata pemberian dividen akan dalam bentuk saldo tunai yang masuk langsung ke rekening RDN masing-masing.

Cara Cek Dividen di IPOT

Nah, jika sampai disini kalian sudah paham apa itu Dividen dalam saham, dan ternyata dalam bermain saham kalian juga menggunakan IPOT sebagai perantaranya. Maka berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara cek dividen di IPOT mulai dari jadwal pembagian dan Emiten pemberi dividen tertinggi.

Cek Jadwal Pembagian Dividen di IPOT

Salah satu hal yang patut dan perlu kalian pahami ketika melakukan investasi saham di IPOT yakni mengetahui kapan pastikan perusahaan akan memberikan Dividen mereka kepada para investor-nya.

Jadi salah satu cara cek Dividen di IPOT yang patut dan perlu kalian ketahui yakni tentang cara cek jadwal pembagian Dividen di IPOT. Karena dalam pemberian Dividen ini setiap perusahaan memiliki jadwal sendiri yang mungkin tidak sama dengan perusahaan lainnya.

Bahkan tidak hanya berbeda dari tanggal pemberian, dalam pembagian Dividen sendiri, terdapat beberapa tanggal penting menjelang pembagian Dividen. Yang dimana tanggal-tanggal penting tersebut antara lain seperti:

  • Cum Date / Cum Dividen
    Pertama ada yang namanya Cum Date / Cum Dividen, buat yang belum tahu. Ini merupakan tanggal dimana investor diperbolehkan melakukan pembelian saham di perusahaan tertentu. Sekaligus memastikan kalian akan mendapatkan Dividen dari perusahaan tersebut ketika tanggal pembagian dilakukan.
  • Ex Date / Ex Dividen
    Kedua ada Ex Date / Ex Dividen, berbalik dari Cum Date. Ketika kalian melakukan pembelian saham di tanggal ini, maka kalian sama sekali tidak mendapatkan Dividen dari perusahaan tersebut dan bisa dipastikan akan merugi karena keuntungan dari Dividen tidak kalian dapatkan.
  • Recording Date
    Ketiga ada Recording Date, pada tanggal inilah semua pemilik saham / investor di sebuah perusahaan ditentukan apakah mendapatkan Dividen / tidak.
  • Payment Date
    Keempat ada Payment Date, sesuai namanya ini adalah tanggal / jadwal di mana kalian akan mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan / Dividen yang akan langsung di kirim ke rekening RDN masing-masin.

Cek Emiten Pemberi Dividen Tertinggi

Setelah mengetahui langkah awal cara cek Dividen di IPOT di atas yakni tentang jadwal pembagian Dividen. Langkah selanjutnya cara cek Dividen melalui aplikasi IPOT yakni melihat perusahaan / Emiten yang memberikan nilai Dividen tertinggi.

Setidaknya dengan mengetahui kapan jadwal pembagian Dividen dan juga cara cek Emiten pemberi Dividen tertinggi, kalian akan dapat memanfaatkan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian Saham untuk bisa mendapatkan Dividen sebagai bagian dari keuntungan.

Adapun langkah cara cek Emiten pemberi Dividen tertinggi dapat dilakukan dengan:

  • Buka dan login akun di aplikasi IPOT.
  • Kemudian pilih menu Stock seperti kami tunjuk di bawah ini.
    Pilih Menu Stock
  • Pada menu Stock silahkan klik Sectoral.
    Pilih Sectoral
  • Jika sudah masuk, disini silahkan cari dan pilih menu IDXHIDIV20.
    Pilih IDXHIDIV20
  • Setelah itu klik bagian List seperti berikut.
    Pilih List
  • Maka 20 list / daftar perusahaan pemberi Dividen tertinggi di IPOT pun terlihat.
    List Emite Terlihat

Cek Email Konfirmasi Penerimaan Dividen

Cara cek Dividen di IPOT yang terakhir yakni dengan memeriksa email konfirmasi penerimaan Dividen. Dimana jika dipastikan kalian mendapatkan Dividen, maka perusahaan pun akan memberikan konfirmasi dalam bentuk email yang dikirim langsung ke alamat email terdaftar di IPOT.

Nah di dalam email konfirmasi inilah kalian di beritahu tentang tanggal penting. Dan ketika tanggal payment date datang, maka kalian mendapatkan email yang berisikan detail pemberian Dividen.

Contohnya, ketika kalian memiliki 100 lot (10.000 lembar saham) dan perusahaan memberikan konfirmasi bahwa Dividen yang diberikan yakni sebesar Rp120 rupiah per lembar.

Maka dapat dipastikan kalian memperoleh Dividen sebesar:

  • Jumlah lembar saham x Nominal Dividen
  • 10.000 x 120 = 1.200.000

Besaran nominal Dividen yang dikirim akan dipotong biaya PPh Final sebesar 10% dari jumlah Dividen diterima.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, setidaknya cara cek Dividen di IPOT bisa dibilang cukup mudah dilakukan sama halnya seperti cara cek Dividen di BIONS yang sebelumnya sudah kami bagikan. Namun dalam tahapan ini setidaknya ada beberapa langkah mungkin benar-benar harus diperhatikan.

Terutama pada jadwal pembagian Dividen mulai dari Cum Date, Recording Date, Payment Date / EX Date. Dan kiranya cukup sekian informasi lengkap yang dapat kami bagikan dan jelaskan pada kesempatan kali ini. Semoga ap ayang sudah trikves.com bagikan di atas bisa menjadi referensi menarik.

Sumber Gambar: admin trikves.com, youtube @mamlov

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.