Bisnis Offline

Cara Menjadi Drop Point Shopee Express 2022: Syarat & Biaya!

Trikves.com – Sebagaimana diketahui, menjadi mitra Shopee bisa dijadikan sebagai cara dalam membuka peluang bisnis yang cukup menjanjikan, salah satunya yaitu seperti agen drop point Shopee Express. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bisnis tersebut mampu memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat dalam bentuk komisi.

Bahkan peluang bisnis tersebut kini sudah bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, entah itu di kota-kota besar ataupun pedesaan. Akan tetapi, untuk mendaftar menjadi mitra atau agen Shopee Express tersebut, pastinya dibutuhkan adanya sejumlah syarat beserta ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Berbicara mengenai syarat dan ketentuan jadi agen drop point Shopee Express, hal tersebut seringkali menghambat sebagian besar orang ketika ingin memulai usaha. Padahal, ternyata syarat dan ketentuan untuk menjadi seorang mitra di Shopee Express sebenarnya tergolong cukup mudah, bahkan tanpa mengeluarkan anggaran biaya terlalu besar.

Oleh karena itu, apabila Sobat Trikves berencana untuk menjadi bagian dari mitra Shopee Express, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara mendaftarnya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara menjadi drop point Shopee Express dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga biayanya.

Apa Itu Drop Point Shopee Express?

Apa Itu Drop Point Shopee Express

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menjadi drop point Shopee Express lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Drop-off point atau titik drop Shopee Express merupakan tempat penjual Shopee Express ataupun kurir Shopee Express yang ditugaskan oleh penjual menerima kiriman barang Anda.

Dengan kata lain, tempat ini menjadi lokasi pickup atau penjemputan sekaligus penurunan barang sebelum diantara ke pihak penerima. Drop point Shopee Express sebenarnya tidak berbeda jauh dengan istilah drop point jasa ekspedisi pada umumnya, dimana biasanya lokasinya sendiri berada di sekitar agen Shopee.

Keuntungan Drop Point Shopee Express

Perlu diketahui, drop point milik Shopee Express bukan melulu sebuah kantor layanan pengiriman resmi, melainkan dapat berupa tempat atau rumah milik orang lain. Dimana di dalam perusahaan Shopee sendiri terdapat istilah mitra atau agen yang berperan sebagai drop point publik.

Mereka merupakan masyarakat umum yang sudah mendaftarkan rumah, toko ataupun kedai mereka sebagai agen drop point Shopee Express. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai keuntungan menjadi mitra drop point Shopee Express.

  • Sistem pengiriman Shopee Express terintergasi langsung dengan sistem Shopee sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang jumlah pengguna berkurang.
  • Apabila terdapat sebuah masalah terkait jasa pengiriman Shopee Express, maka Anda akan mendapatkan layanan yang mudah untuk dihubungi.
  • Proses pendaftaran mudah untuk dilakukan.
  • Pelanggan akan terus bertambah banyak dan berkembang.
  • Anda akan mendapatkan komisi dari drop point Shopee Express.

Syarat Menjadi Drop Point Shopee Express

Selain harus mengetahui bagaimana tata cara menjadi drop point Express, tentunya Anda juga harus memahami apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh seseorang ketika ingin mendaftarkan diri jadi mitra drop point Shopee Express tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Lokasi strategis dan bisa diakses oleh kendaraan roda empat.
  • Tempat luas untuk menampung barang atau paketan.
  • Memiliki komputer/laptop.
  • Memiliki alat scan dan printer.
  • Menyediakan alat tulis, gunting, isolasi dan lain sebagainya.
  • Menyediakan timbangan.
  • Memiliki telepon selular atau telepon rumah.

Cara Menjadi Drop Point Shopee Express

Setelah memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan menjadi agen drop point Shopee Express di atas, maka selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembasahan pin utama mengenai tata cara mendaftarnya. Cukup berbeda dengan pendaftaran menjadi reseller Shopee, untuk saat ini sebenarnya perusahaan tersebut belum memberikan informasi terbuka terkait prosedur registrasinya.

Meskipun demikian, ketika pihak Shopee sedang membutuhkan tambahan agen drop off point Shopee Express, maka biasanya mereka akan memilih dari beberapa pelamar yang benar-benar memenuhi semua persyaratan administrasi maupun lokasi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan secara langsung ke kantor Shopee Express di Jakarta atau mengirimkan lamaran menjadi drop point Shopee Express dengan cara mengisi formulir pendaftaran seperti berikut ini.

  • Nama lengkap.
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor Handphone (HP) terhubung ke WhatsApp.
  • Alamat email aktif.
  • Alamat lengkap.
  • Alamat lokasi drop off point.
  • Titik Koordinat lokasi drop off point.
  • Foto tampak depan lokasi drop off point.
  • Foto jalan & tempat parkir lokasi drop off point.

Apabila sudah melengkapi formulir pendaftaran tersebut, maka Anda harus mengirimkannya ke alamat email customer service Shopee di support@shopee.co.id atau bisa mengirimkan alamat ke kantor pusat Shopee. Adapun alamat lengkap kantor pusat Shopee di Indonesia sendiri diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Biaya Menjadi Drop Point Shopee Express

Di atas sudah dijelaskan mengenai tata cara menjadi drop point Shopee Express dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya. Nah, selanjutnya Anda juga pastinya harus mengetahui bahwa pendaftaran jadi drop off point Shopee Express ini sebenarnya tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Akan tetapi, terdapat beberapa biaya lainnya yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan kelengkapan saat membuka keagenan drop point Shopee Express. Sebagai bahan gambaran, berikut akan dijelaskan mengenai perhitungan kebutuhan anggaran biaya sebagai modal awal membuka usaha drop point Shopee Express.

KeteranganBiaya
Sewa Kios Per TahunRp 10.000.000 – Rp 25.000.000 (tergantung lokasi)
Pembelian Perangkat Komputer/LaptopRp 5.000.000
Pembelian PrinterRp 1.000.000
Pembelian Perlengkapan Gerai/KiosRp 1.000.000
Pembayaran Listrik dan InternetRp 1.000.000
Gaji KaryawanRp 1.500.000
TOTALRp 19.500.000 – Rp 49.500.000

Komisi Agen Drop Point Shopee Express

Sebagai informasi tambahan, salah satu keuntungan menjadi agen drop point Shopee Express yaitu mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan berupa komisi. Adapun komisi yang akan dibayarkan oleh pihak Shopee untuk para mitra atau agennya yaitu sebesar Rp 500 per paket.

Misalkan dalam satu hari rata-rata Anda mampu mendapatkan barang atau paket kiriman sebanyak 150 buah, maka estimasi komisinya berada di kisaran Rp 75.000 (Rp 500 x 150 paket). Jadi, dalam satu bulan maka Anda bisa mendapatkan penghasilan bersih kurang lebih sekitar Rp 2.250.000.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar cara menjadi drop point Shopee Express di semua wilayah Indonesia dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga rincian biaya sebagai modal awalnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri jadi mitra drop point Shopee Express.

Sumber gambar : tirto.id

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.