Bisnis Offline

√ Kemitraan Usaha Frozen Food : Jenis dan Cara Pengajuan 2022

Trikves.com – Menjalankan sebuah kemitraan usaha frozen food dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat. Namun apakah semua orang bisa mencobanya?

Semua orang memiliki peluang bisnis frozen food yang sama. Hanya saja siapa yang dapat melihat serta memanfaatkan peluang kemitraan usaha frozen food lebih dulu, dialah yang akan memenangkannya.

Namun bukan berarti anda terlambat untuk memulainya. Menjalani sebuah kemitraan usaha frozen food akan lebih tertata dan menguntungkan saat anda memiliki landasan pengetahuannya.

Agar dapat membantu dalam memulai kemitraan usaha frozen food, maka pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasinya secara lengkap. Pastikan Sobat Trikves tidak melewatkan semua poin pembahasan tentang kemitraan ini.

Mengenal Frozen Food Secara Garis Besar

Frozen Food pada dasarnya merupakan sebuah makanan yang diawetkan dengan cara dibekukan menggunakan suhu tertentu agar tetap steril. Nantinya penikmat hanya perlu menghangatkannya saja.

Metode pengawetan makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Dimana persediaan cadangan pangan akan disimpan pada ruangan tertentu tanpa penghangat saat musim dingin.

Sekilas Tentang Kemitraan Frozen Food

Pada dasarnya kemitraan merupakan sebuah perjanjian antara dua orang atau lebih untuk berkomitmen dalam mengelola suatu usaha dengan prinsip saling mempercayai, membutuhkan, dan berbagi.

Dalam kemitraan frozen food, nantinya anda akan menjadi rekan pemilik dan dapat mendirikan sebuah bisnis menggunakan merek dagang serta segala atribut pada brand frozen food mitra (Franchise).

Suatu program kemitraan atau waralaba juga memiliki jenisnya tersendiri pada saat dipraktikan. Berikut beberapa jenis kemitraan pada frozen food.

  • Waralaba Produk
  • Waralaba Jasa

Tentunya banyak keuntungan jualan yang akan didapatkan pada usaha berbasis kemitraan ini. Belum lagi cara pengajuannya juga mudah. Jadi jangan sampai anda melewatkan kesempatan menjalin kemitraan.

Istilah dalam Kemitraan Usaha Frozen Food

Saat terjun kedalam sebuah usaha kemitraan, anda akan mendengar beberapa istilah yang mungkin terdengar asing. Maka dari penting bagi anda mengetahui beberapa istilah berikut ini.

  • Franchise: Salah satu bentuk usaha atau bisnis
  • Franchisee: Pihak penerima usaha dari seorang pemilik brand
  • Franchisor: Pihak pemberi waralaba atau izin usaha dengan segala merek dagangnya

Prosedur Pengajuan Kemitraan Usaha Frozen Food

Apabila ingin menjalin suatu kemitraan bisnis dengan suatu brand frozen food, maka terdapat beberapa prosedur yang harus dijalani. Berikut beberapa prosedur dalam pengajuan franchise frozen food secara umum.

  • Menyiapkan beberapa berkas pendukung dan dokumen identitas.
  • Melakukan pengisian formulir pengajuan kemitraan usaha.
  • Sudah memiliki tempat penyimpanan mumpuni sebelum memulai usaha, seperti Freezer.
  • Melakukan pembelian atau order terlebih dahulu sekurang-kurangnya 10 box produk.
  • Team dari brand Frozen Food akan melakukan uji kelayakan dengan mendatangi tempat usaha dilaksanakan.

Beberapa prosedur pengajuan usaha di atas hanya bersifat umum. Nantinya tentu akan ada kebijakan khusus lainnya dari masing-masing franchisor frozen food.

Macam-macam Kemitraan Usaha Frozen Food

Kemitraan usaha dalam bisnis makanan beku ini nyatanya memiliki berbagai jenis untuk anda pilih. Agar dapat membantu dalam menentukan pilihan usaha Frozen Food, berikut beberapa penjelasannya.

1. Nugget sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Nugget sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Nugget menjadi salah satu produk makanan beku paling diminati oleh masyarakat. Pasalnya anda hanya cukup menggoreng frozen food ini dan secara otomatis nugget sudah dapat disajikan sebagai hidangan.

Bahan baku pembuatan nugget umumnya menggunakan bahan dasar daging, seperti ayam serta ikan. Belum lagi banyak supplier murah dari jenis frozen food tersebut sehingga dapat memangkas modal.

2. Sosis sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Sosis sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Frozen food yang paling sering dikonsumsi masyarakat berikutnya adalah Sosis. Tentunya makanan beku satu ini selain dapat disajikan secara praktis juga sering dicampurkan kedalam sebuah menu masakan.

Sosis umumnya terbuat dari daging ayam, sapi, serta babi yang digiling sehingga dapat dibentuk bulat memanjang. Usaha kemitraan pada jenis makanan beku tersebut cenderung memiliki prospek cerah.

3. Bakso sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Bakso sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Frozen Food yang sangat familiar bagi masyarakat adalah bakso. Pelaku usaha dari salah satu makanan beku satu ini dapat kita jumpai di berbagai sudut wilayah nusantara.

Bakso pada frozen food cenderung memiliki beberapa varian daging, seperti ayam, ikan, dan sapi. Apabila ingin menjadikannya produk usaha kemitraan, maka proses promosinya akan sangat mudah.

4. Tempura sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Tempura sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Tempura memang identik sebagai menu street food bagi beberapa orang. Namun jangan anggap remeh terlebih dahulu karena peminatnya ternyata banyak. Anda dapat menjadikannya sebagai pilihan usaha.

Tempura di Indonesia berbahan dasar ikan maupun udang giling. Di negara aslinya, yaitu Jepang, frozen food tersebut dibuat dengan tambahan sayuran kemudian dicelupkan dalam adonan tepung.

5. Dimsum sebagai Jenis Usah Frozen Food

Dimsum sebagai Jenis Usah Frozen Food

Dimsum awalnya kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas. Namun karena saat ini sudah tergolong sebagai street food, maka Dimsum banyak dicari orang sebagai jajanan di kala bersantai.

Melihat besarnya animo masyarakat terhadap jenis makanan beku tersebut, maka tidak salah apabila menjadikannya sebagai produk usaha kemitraan. Namun pastikan promosi dilakukan dengan benar.

6. Seafood sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Seafood sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Beberapa orang cenderung kesulitan dalam mengelola Seafood. Namun berkat adanya inovasi seafood, maka hasil laut tersebut dapat disajikan secara praktis tanpa perlu repot membersihkannya.

Frozen Food berjenis seafood umumnya berupa hasil laut, seperti udang, ikan, cumi, gurita, dan masih banyak lainnya yang aman dikonsumsi. Bentuknya pun dapat berupa mentahan dibekukan atau sudah dibumbui kemudian dibekukan.

7. Springroll sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Springroll sebagai Jenis Usaha Frozen Food

Apabila anda kurang familiar dengan Springroll, maka mari kita sebut saja dengan lumpia. Makanan satu ini juga masuk kedalam salah satu frozen food yang beredar saat ini.

Hadirnya Springroll sebagai frozen food sangat membantu banyak orang terutama dalam menyajikan jamuan acara besar. Silahkan pilih jenis ini sebagai produk usaha kemitraan.

Cara Mengembangkan Kemitraan Usaha Frozen Food

Setelah melalui berbagai tahapan pengujian dan ternyata usaha frozen food mendapat izin resmi untuk beroperasi, maka lakukan beberapa upaya guna mengembangkannya. Berikut beberapa upaya dalam mengembangkan usaha kemitraan.

1. Memahami Bagaimana Kemitraan Usaha Berjalan

Sebelum terjun kedalam usaha kemitraan, alangkah baiknya anda memahami bagaimana cara kerjanya. Ada sebuah istilah yang mungkin pernah anda dengar, yaitu SOP (Standard Operating Procedure).

Sekedar informasi, SOP merupakan panduan yang menjadi acuan dalam menjalankan suatu kegiatan operasional. Jadi silahkan anda pelajari tentang hal tersebut sebelum memulai usaha kemitraan.

2. Memilih Beberapa Jenis Frozen Food untuk Dijual

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, tentu saja anda sudah memahami berbagai produk frozen food yang mungkin untuk dijual. Silahkan pilih beberapa yang sekiranya memiliki prospek cerah.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Memahami perilaku konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pelaku usaha kemitraan. Pasalnya hal tersebut mampu membantu perencanaan inovasi pada usaha frozen food.

4. Sediakan Segala Peralatan Operasional

Perlu diingat bahwa sebuah usaha membutuhkan beberapa peralatan guna menunjang kegiatan operasional. Seperti frozen food, anda membutuhkan sebuah freezer demi menjaga kualitasnya.

5. Pastikan Usaha Kemitraan Memiliki Izin

Usaha kemitraan akan lebih nyaman dan aman dijalankan apabila sudah mengantongi izin usaha dari lembaga berwenang. Silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu SIUP guna mengetahuinya.

6. Alokasikan Modal Usaha Sesuai Porsinya

Setelah usaha berjalan cukup lancar, maka cobaan terbesarnya adalah mengalokasikan dana secara bijak. Sedikit banyak anda harus memahami tentang laporan keuangan agar alokasi dana lebih bisa tertata.

Kesimpulan

Ternyata banyak kemitraan usaha frozen food untuk anda pilih saat ini. Cukup lakukan survey tentang produk apa yang memiliki potensi untuk dibeli oleh banyak orang.

Namun selalu ingat bahwasanya sebuah kesuksesan membutuhkan proses di dalamnya. Jadi pastikan Sobat Trikves tetap bersabar serta rajin berinovasi agar usaha kemitraan dapat berkembang.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.