Saham

10 Cara Deposit BNI Sekuritas Via BNI, BRI, dan Mandiri 2022

Trikves.com – Aktivitas di pasar modal dapat segera dimulai dengan memahami cara deposit BNI Sekuritas. Pasalnya dana yang anda jadikan saldo dapat digunakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan jual beli efek.

Trading efek terutama saham sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Tentu anda juga bisa mencoba dengan mengetahui cara deposit BNI Sekuritas sebagai salah satu perusahaan efek ternama.

BNI Sekuritas memang sudah dikenal sebagai salah satu manajer investasi terbaik di Indonesia. Kendati sudah mengikuti segala aktivitas pasar modal di dalamnya, beberapa pihak belum mengetahui cara deposit BNI Sekuritas.

Mengingat pentingnya cara deposit BNI Sekuritas, maka pada kesempatan kali ini akan kami bahas metode tersebut beserta langkah-langkahnya secara akurat. Jadi Sobat Trikves bisa mendapatkan panduan lengkap dari satu referensi.

Deposit BNI Sekuritas

Secara garis besar, deposit merupakan sebuah aktivitas menempatkan dana pada suatu pihak sebagai sebuah jaminan. Apabila anda melakukan deposit pada suatu perusahaan sekuritas, artinya memberikan jaminan untuk mengakses segala layanan yang disediakan.

Adapun saldo dari proses deposit tersebut nantinya masuk kedalam RDN (Rekening Dana Nasabah). Jadi anda dapat melihat segala aliran dana yang masuk hanya melalui RDN tersebut.

Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pasar modal, BNI Sekuritas juga berperan sebagai Pialang atau Broker yang mempertemukan Emiten dengan Investor. Tentunya masyarakat dapat melakukan trading Saham di dalamnya.

Namun kegiatan jual beli efek di perusahaan sekuritas tersebut hanya dapat dilangsungkan manakala anda sudah melakukan deposit saldo. Tentunya proses deposit tersebut dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan Ketentuan

BNI Sekuritas memiliki Syarat dan Ketentuan (S&K) berlaku bagi nasabahnya. Hal tersebut juga berlaku dalam proses deposit guna memulai kegiatan trading efek. Agar memberikan anda referensi, berikut beberapa S&K deposit tersebut.

1. Memiliki Rekening BNI Sekuritas

Proses deposit hanya dilakukan oleh nasabah terdaftar dengan RDN aktif untuk bertransaksi efek di pasar modal. Adapun nomor RDN tersebut nantinya akan menjadi tujuan pengiriman dalam proses deposit.

Apabila ternyata calon trader belum memiliki rekening BNI Sekuritas tersebut, ada baiknya anda segera kunjungi referensi dari kami tentang Cara Daftar BNI Sekuritas. Di sana kami memberikan panduan secara lengkap.

2. Memiliki Rekening Bank Aktif

Selain memiliki RDN, nasabah juga harus memiliki rekening bank aktif guna melakukan setoran dana pada proses deposit. Rekening bank yang digunakan tidak terbatas hanya miliki Bank BNI saja, tetapi nasabah juga dapat melakukan deposit dengan menggunakan rekening bank lain.

3. Minimal Deposit Awal

Minimal deposit yang harus disetorkan oleh nasabah tergantung dari pilihan layanan pada saat proses pendaftaran. Setidaknya terdapat beberapa pilihan jenis rekening nasabah pada saat melakukan pendaftaran.

Bagi nasabah dengan layanan rekening Full Online, maka dikenakan minimal deposit awal sebesar Rp. 1 Juta. Sedangkan nasabah dengan jenis layanan Hybrid, maka dikenakan minimal deposit awal sebesar Rp. 5 Juta.

Apabila sudah pernah melakukan proses deposit awal, maka barulah nasabah dapat melakukan deposit dengan nominal dengan minimal Rp. 100.000,00.

4. Biaya Deposit

Perusahaan sekuritas satu ini juga memiliki ketentuan biaya untuk setiap nasabah yang hendak melakukan proses deposit. Namun hal tersebut tidak berlaku apabila transaksi deposit dilakukan menggunakan rekening Bank BNI.

Apabila aktivitas deposit dilakukan menggunakan rekening dari bank lain, maka nasabah dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000,00 hingga Rp. 6.500,00 sesuai kebijakan masing-masing bank.

5. Waktu Pelayanan

Pengisian deposit dapat dilakukan dalam kurun waktu 24 jam. Namun proses masuknya saldo hanya terjadi pada saat hari kerja. Apabila anda melakukan deposit pada saat hari libur, maka saldo akan masuk ke rekening pada hari kerja berikutnya.

Cara Cek Nomor Rekening BNI Sekuritas

Sudah dijelaskan sebelumnya apabila proses deposit menggunakan nomor RDN sebagai tujuan transaksinya. Tentu nasabah harus mengetahui nomor tersebut. Berikut langkah-langkah dalam melakukan pengecekan nomor RDN.

1. Pengecekan RDN Melalui Aplikasi BIONS

  • Langkah pertama, buka aplikasi BIONS terinstal di Smartphone masing-masing nasabah
  • Seketika tampilan akan berada pada halaman Login. Isikan data sesuai akun pengguna secara tepat. Jika sudah, maka tap Sign In di bagian bawah kolom pengisian data diri.
2. Login aplikasi BIONS
  • Tampilan Smartphone secara otomatis akan menampilkan halaman utama BIONS. Guna melanjutkan cara pengecekan RDN, maka tap Icon Profil di bagian pojok kanan atas.
3. Tap menu Icon Profil
  • Disana akan terlihat nomor RDN nasabah secara lengkap.
4. Nomor RDN tertera milik nasabah

2. Pengecekan RDN Melalui Email

Apabila dijumpai kendala pada saat pengecekan nomor RDN menggunakan BIONS, maka pengguna dapat mengetahui hal tersebut melalui email. Berikut tahapan pada cara pengecekan via email.

  • Langkah pertama, masuk kedalam halaman Gmail melalui aplikasi atau browser PC nasabah.
  • Lakukan proses Login atau masuk ke akun Gmail nasabah.
  • Apabila pengguna sudah masuk halaman utama, tekan menu Kotak Masuk.
  • Carilah pesan dari CS BNI Sekuritas dengan subjek “INV Account Esmart“. Apabila sudah ditemukan, maka klik atau tap pesan tersebut.
  • Pada bagian attachment pesan, anda dapat melihat nomor RDN akun BNI Sekuritas terdaftar.

Cara Deposit BNI Sekuritas Via ATM

Setelah mengetahui nomor RDN BNI Sekuritas, maka proses deposit dapat langsung dilakukan. Cara deposit dapat dilakukan melalui berbagai metode dan salah satunya via ATM. Berikut langkah-langkah setoran dana BNI Sekuritas via ATM.

1. Deposit Menggunakan ATM BNI

  • Langkah pertama, pastikan anda sudah mencatat atau mengingat nomor RDN.
  • Setelah nomor tersebut sudah dicatat, maka kunjungi ATM BNI terdekat.
  • Masukan kartu ATM BNI nasabah kedalam mesin, pilih bahasa, dan kemudian ketikan PIN ATM BNI.
  • Anda akan disajikan beragam menu. Guna melanjutkan cara deposit, pilih menu Lain, kemudian pilih menu Transfer.
  • Mesin akan melakukan konfirmasi tujuan pengiriman. Tekan menu Dari Rekening Tabungan, kemudian diteruskan dengan menekan menu Ke Rekening BNI.
  • Secara otomatis mesin akan meminta nasabah memasukkan nomor rekening tujuan. Masukan Nomor RDN yang telah disiapkan di awal cara.
  • Silahkan isi nominal deposit awal sesuai ketentuan berlaku (minimal Rp. 1.000.000,00).
  • Apabila nominal sudah dimasukkan, layar mesin ATM akan menampilkan konfirmasi ulang. Periksa kembali informasi rincian tersebut. Apabila dirasa sesuai, maka silahkan tekan YA.

Proses setoran dana BNI Sekuritas via ATM BNI telah dilaksanakan. Saldo deposit akan secara otomatis terisi serta terkamulasi pada RDN nasabah. Selain menggunakan ATM BNI, anda juga dapat menggunakan ATM bank lain.

2. Deposit Menggunakan ATM Bank Lain

  • Siapkan nomor RDN melalui catatan atau metode lainnnya serta kartu ATM.
  • Apabila persiapan telah selesai dilakukan, maka kunjungi ATM bank lain di dekat lokasi anda.
  • Masukan kartu ATM beserta konfirmasi PIN ATM bank lain milik nasabah.
  • Jika sudah terhubung ke menu akses, maka pilih menu Transaksi Lainnya untuk kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Transfer.
  • Guna melanjutkan cara deposit, maka masukkan kode transaksi Bank BNI, yaitu 009 diikuti dengan nomor RDN nasabah. Misalnya: 0098757XXXXX
  • Kemudian isikan nominal deposit awal sesuai kebijakan berlaku (setoran minimal Rp. 1.000.000,00).
  • Tinjau atau cek kembali rincian transfer melalui tampilan layar. Apabila dirasa benar, maka silahkan tekan YA. Alhasil, cara deposit menggunakan ATM bank lain telah selesai dilaksanakan.

Cara setor dana BNI Sekuritas menggunakan ATM bank lain hanya berlaku apabila anda tidak memiliki rekening Bank BNI. Namun ada biaya transfer antar rekening bank menggunakan metode ini, yaitu sebesar Rp. 4.000 – Rp. 6.500,00.

Cara Deposit BNI Sekuritas Via Mobile Banking

Dalam proses deposit tersebut, nyatanya terdapat metode lain, yaitu dengan menggunakan Mobile Banking. Cara ini cenderung lebih mudah dilakukan daripada harus mengunjungi ATM. Berikut beberapa cara setor dana BNI Sekuritas via Mobile Banking.

1. BNI Mobile Banking

  • Masuk kedalam aplikasi BNI Mobile Banking terinstal di Smartphone masing-masing nasabah.
  • Selanjutnya lakukan proses Login. Silakan isi kolom tersedia sesuai dengan data akun BNI Mobile Banking yang dimiliki. Apabila sudah selesai dilakukan, maka tap Login.
2. Login akun BNI Mobile Banking Terbaru
  • Seketika tampilan akan beralih menuju halaman utama BNI M-Banking. Guna melanjutkan cara deposit, maka tap menu Transfer.
3. Pilih menu transfer BNI Mobile Banking
  • Apabila layar Smartphone sudah menampilkan menu transfer, maka silahkan tap menu BNI.
4. Pilih menu BNI pada halaman Transfer
  • Anda akan diminta untuk mengisi formulir transfer. Langkah pertama, pilih menu Input Baru. Kemudian isikan nomor RDN BNI Sekuritas miliki anda. Jika data sudah terisi secara benar, maka lakukan Scroll ke bawah secara perlahan.
5. Input data baru dan isikan RDN deposit BNI Sekuritas
  • Kemudian isikan nominal sesuai ketentuan minimal berlaku, yaitu sebesar Rp. 1.000.000,00. Pada kolom keterangan ketikan “Pengisian RDN” atau sesuai kehendak. Apabila sudah dilakukan pengisian data secara tepat, maka tap Lanjut.
6. Masukan nominal deposit BNI Sekuritas
  • Selanjutnya BNI M-Banking akan melakukan proses validasi. Pastikan rincian deposit serta nomor RDN terisi dengan benar. Jika sudah dilakukan pengecekan, maka silahkan masukan Password Transaksi diteruskan dengan tap Lanjut.
7. Proses validasi deposit BNI Sekuritas
  • Pihak BNI M-Banking akan memberikan notifikasi apabila proses transaksi berhasil dilakukan.
8. Keterangan berhasil deposit BNI Sekuritas

Karen proses transfer dilakukan ke sesama rekening bank BNI, maka tidak ada biaya transaksi sama sekali pada proses deposit.

2. Livin by Mandiri

  • Masuk kedalam aplikasi Livin terinstal di Smartphone anda.
  • Lakukan proses Login dengan memasukkan data login pada kolom tersedia. Jika dirasa data sudah terisi dengan benar, tap Login.
2. Login Livin Mandiri
  • Seketika, pengguna akan dialihkan menuju halaman utama. Pilih menu Transfer guna melanjutkan cara deposit via Livin.
3. Tap menu transfer pada halaman utama Livin
  • Pada menu Transfer, silahkan anda pilih menu Ke Bank Lain Dalam Negeri.
4. Tap menu Ke Bank Lain Dalam Negeri Livin
  • Pada halaman menu Ke Bank Lain Dalam Negeri, isikan data sesuai tujuan transfer. Pertama-tama silahkan tap Rekening Tujuan.
5. Tap menu Rekening Tujuan Livin
  • Isikan bank tujuan, yaitu BNI dilanjutkan dengan mengisi nomor RDN BNI Sekuritas nasabah TANPA menggunakan kode transaksi bank BNI (009). Apabila sudah terisi dengan benar, maka silahkan tap kotak Tambah Sebagai Tujuan Baru.
6. Masukan tujuan bank dan RDN deposit BNI Sekuritas di Livin
  • Kemudian, anda diminta untuk konfirmasi tujuan. Isikan nama rekening dengan mengetikkan “BNI“. Lalu silahkan isikan nama alias dengan “BNI Sekuritas“. Apabila sudah dilakukan, langsung tap Lanjut.
7. Konfirmasi tujuan deposit BNI Sekuritas Livin
  • Layar akan kembali pada halaman menu Ke Bank Lain Dalam Negeri. Isikan nominal setoran dana sesuai ketentuan minimal (Rp. 1.000.000,00). Kemudian tap Lanjut.
8. Masukan nominal deposit BNI Sekuritas Livin
  • Pihak Livin akan melakukan konfirmasi transaksi. Cek kembali rincian transaksi tersebut kemudian lakukan Scroll ke bawah serta tap Kirim.
9. Rincian setoran dan biaya Livin
  • Masukkan MPIN Livin milik anda sebanyak 6 digit angka.
10. Masukan MPIN Livin
  • Apabila transaksi berhasil, pihak Livin langsung mengirimkan notifikasi status keberhasilan.

Perlu diingat bahwa proses deposit menggunakan rekening bank lain akan dikenakan biaya sesuai ketentuan dan kebijakan.

3. BRImo

  • Masuk kedalam aplikasi BRImo terinstal dari Smartphone.
  • Silahkan lakukan proses Login dengan mengisikan data sesuai User ID pengguna.
2. Login BRImo
  • Apabila anda sudah berada di halaman utama, maka langsung saja pilih menu Transfer.
3. Tap menu Transfer BRImo
  • Isikan rekening tujuan transaksi yang akan anda inginkan. Tap menu Rekening Tujuan.
4. Tap menu Rekening Bank Tujuan BRImo
  • Selanjutnya anda diharuskan melakukan Input Data rekening tujuan. Pilih menu Masukkan Baru di bagian atas. Lanjutkan dengan mengisi nomor RDN BNI Sekuritas, TANPA menggunakan kode transaksi BNI (009). Lakukan pencarian nama Bank dengan mengetikkan “BNI“. Kemudian tap Lanjut.
5. Masukan RDN deposit BNI Sekuritas via BRImo
  • Proses akan dilanjutkan dan kembali ke halaman menu Transfer. Isikan nominal deposit sesuai ketentuan minimal (Rp. 1.000.000,00). Kemudian tap Konfirmasi di bagian bawah layar.
6. Masukkan Nominal deposit BNI Sekuritas BRImo
  • BRImo langsung menampilkan rincian transaksi deposit yang telah anda lakukan. Apabila informasi dirasa sudah benar, tap Lanjut.
7. Konfirmasi rincian deposit via BRImo
  • Masukan password BRImo anda guna melanjutkan cara deposit.
8. Masukan password BRImo
  • Apabila password diisi dengan benar, maka transaksi sudah dinyatakan berhasil.

Kembali lagi kami ingatkan bahwasanya proses deposit mengunakan rekening Bank selain BNI akan dikenakan biaya sesuai ketentuan berlaku, yaitu sebesar Rp. 6.500,00.

Cara Deposit BNI Sekuritas Via Internet Banking

Apabila nasabah belum memiliki aplikasi Mobile Banking dari rekening bank yang dimiliki, maka cara deposit tetap dapat dilakukan menggunakan Internet Banking. Berikut cara setor dana BNI Sekuritas menggunakan Internet Banking.

1. Internet Banking Milik BNI

  • Setelah masuk kedalam beranda BNI Internet Banking, lanjutkan proses cara deposit dengan melakukan klik pada menu Transaksi di bagian atas halaman.
  • Setelah masuk pada halaman transaksi, maka terlihat menu di samping kiri monitor. Pilih serta klik menu Transfer Antar Rek. BNI.
  • Layar akan menunjukan formulir transaksi guna melakukan deposit BNI Sekuritas. Proses awal adalah memilih jenis layanan serta tentukan Rekening Sumber. Apabila sudah, lakukan Scroll ke bawah secara perlahan guna mengisi form selanjutnya.
  • Nasabah dapat melihat kolom Rekening Tujuan. Isi menggunakan RDN BNI Sekuritas anda.
  • Apabila data sudah terisi benar, lanjutkan proses cara dengan memasukan nominal deposit sesuai ketentuan berlaku.
  • Saat proses pengisian nominal sudah dilakukan, lanjutkan proses serta nyalakan Token BNI pengguna. Tekan angka 2 pada token dan tunggu beberapa saat.
  • Layar monitor browser akan menampilkan kode BNI e-Secure. Masukan kode tersebut pada Token BNI secara akurat. Kemudian tekan Enter guna melanjutkan cara deposit via Internet Banking BNI.
  • Seketika Token BNI akan memunculkan Kode Balasan pada bagian layar.
  • Ketikan kode balasan tersebut ke halaman Internet Banking di Monitor. Temukan kolom BNI Secure Response kemudian input kode balasan.
  • Apabila kolom sudah terisi, maka klik Proses.

2. Internet Banking Milik BRI

  • Kunjungi website resmi Internet Banking BRI melalui (https://ib.bri.co.id/ib-bri/) tanpa tanda kurung guna melakukan proses Login.
  • Setelah berada pada halaman utama Internet Banking BRI, klik menu Transfer agar metode deposit dapat di proses.
  • Pilih menu Transaksi Antar Bank pada tampilan layar.
  • Secara otomatis, layar akan menampilkan formulir transaksi guna melakukan deposit. Isikan secara tepat Bank tujuan serta nomor RDN BNI Sekuritas pada kolom Rekening Tujuan.
  • Setelah rekening tujuan sudah terisi, maka langkah selanjutnya adalah mengisi kolom nominal transaksi sesuai ketentuan.
  • Lanjutkan proses deposit tersebut dengan tap kotak Kirim di bagian pojok kanan bawah. Lakukan klik pada kotak tersebut.
  • Halaman Internet Banking BRI akan menampilkan informasi rincian deposit pengguna. Apabila informasi dirasa sudah benar, maka masukkan password Internet Banking BRI anda serta lakukan klik pada kotak Permintaan mToken.
  • Siapkan Smartphone untuk menerima SMS kode mToken. Kembali pada layar perangkat anda. Masukan kode mToken pada halaman Internet Banking BRI.
  • Silahkan klik Kirim apabila kolom mToken pada layar sudah terisi.

Cara Cek Saldo BNI Sekuritas Via BIONS

Setelah melakukan proses deposit, tentunya nasabah ingin memastikan saldo RDN sudah terisi sesuai nominalnya. Nasabah dapat memanfaatkan Aplikasi BIONS terinstal. Berikut langkah-langkah dalam melakukan pengecekan saldo RDN.

1. Buka aplikasi BIONS terinstal di Smartphone milik nasabah dan lakukan proses Login.

2. Apabila sudah berada di halaman utama BIONS, maka tap menu Icon Profil di bagian pojok kanan atas.

2. Tap menu Icon Profil Bions untuk pengecekan saldo

3. Layar akan menampilkan beragam tab menu. Pilih Portofolio guna melakukan pengecekan saldo BNI Sekuritas.

3. Tap menu Portofolio BIONS

4. Saldo yang anda miliki akan tertulis pada menu portofolio tersebut.

4. Saldo terdaftar pada tampilan

Penyebab Gagal Deposit BNI Sekuritas

Kendati proses deposit BNI Sekuritas cukup mudah, nyatanya pengguna masih dapat mengalami kegagalan pada saat proses tersebut. Berikut beberapa alasan gagalnya proses deposit tersebut.

  • Koneksi internet kurang lancar.
  • Lupa password akun Mobile Banking dan Internet Banking.
  • Lupa PIN ATM, Mobile Banking dan Internet Banking.
  • Khusus Internet Banking BRI, mToken salah input.
  • Saldo rekening pengguna tidak cukup melakukan deposit.

Call Center BNI Sekuritas

Apabila kemudian ditemukan kendala pada proses deposit nasabah, maka segera hubungi Customer Service BNI Sekuritas melalui beberapa layanan Call Center tersedia. Berikut daftar beberapa Call Center tersebut.

Kesimpulan

Banyak cara deposit BNI Sekuritas yang bisa anda gunakan saat ini. Cukup pilih metode terbaik sesuai dengan layanan yang disediakan oleh rekening bank miliki pengguna. Jadi anda bisa segera memulai aktivitas jual beli saham.

Agar anda memiliki landasan pada saat melakukan trading Saham, maka ada baiknya anda membaca referensi dari kami tentang Apa Itu Saham. Tentunya informasi dari pembahasan tersebut mampu membantu, Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.