Saham

7 Cara Jual Saham di BNI Sekuritas Via BIONS Terupdate 2022

Trikves.com – Bagaimanakah cara jual saham di BNI Sekuritas agar bisa memberikan hasil optimal? Tentu hal tersebut sering menjadi pertanyaan bagi para trader saat ini.

Setidaknya dalam menjalani aktivitas di bursa efek, tentunya anda mengharapkan pengembalian modal secara menguntungkan. Tentu hal tersebut akan lebih mudah dilakukan saat mengetahui cara jual saham di BNI Sekuritas.

Namun, banyak orang cenderung merasa khawatir dan cepat-cepat menjual sahamnya karena mengalami apa yang disebut dengan “Panic Selling“. Tentunya cara jual saham di BNI Sekuritas tersebut dapat menimbulkan kerugian besar.

Agar dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara jual saham di BNI Sekuritas. Segala informasi pada pembahasan dapat membantu Sobat Trikves meraih keuntungan trading.

Fee Jual Saham di BNI Sekuritas

Saat anda melakukan transaksi penjualan saham di BNI Sekuritas, terdapat biaya yang harus ditanggung oleh nasabah. Tentunya biaya tersebut berlaku sesuai hasil jual saham nasabah.

Agar dapat memberikan gambaran tentang fee tersebut, berikut rincian biaya penjualan saham di BNI Sekuritas.

1. Biaya Jual Saham Sesuai Jenis Rekening

BNI Sekuritas memiliki beberapa jenis rekening saham yang dapat dibuka oleh nasabah pada saat pendaftaran, yaitu Reguler, Syariah, dan Margin. Ketiga jenis rekening tersebut memiliki biaya jual saham yang sama.

Dalam penjualan saham sesuai jenis rekening, BNI Sekuritas menerapkan kebijakan biaya sebesar 0,27% dari hasil transaksi. Serta lama penyelesaian yaitu T+2 atau 2 hari setelah transaksi dilakukan.

2. Biaya Jual Saham Sesuai Layanan

Selain berdasarkan jenis rekeningnya, BNI Sekuritas juga menerapkan biaya penjualan saham sesuai dengan jenis layanannya. Layanan dari BNI Sekuritas tersebut terdiri dari Hybrid dan Online.

Dalam proses jual sahamnya, BNI Sekuritas memberlakukan kebijakan yang berbeda pada masing-masing layanan. Layanan Hybrid dikenakan biaya jual saham sebesar 0,35%, sedangkan Online sebesar 0,27%.

Adapun berbagai rincian biaya lainnya saat anda bertransaksi di BNI Sekuritas. Apabila anda ingin mengetahui hal tersebut secara mendalam, maka kunjungi pembahasan kami sebelumnya tentang Biaya BNI Sekuritas.

Cara Jual Saham di BNI Sekuritas

Setelah mengetahui rincian biaya jual saham di perusahaan efek miliki BNI, maka tiba saatnya bagi anda mempelajari cara menjualnya. Namun sebelumnya, pastikan anda sudah menginstal aplikasi BIONS.

Berikut langkah-langkah dalam cara menjual saham di BNI Sekuritas.

1. Buka aplikasi BIONS terinstal guna memulai cara jual saham.

2. Selanjutnya lakukan proses Login agar pengguna dapat mengakses seluruh fitur BIONS. Masukan data pengguna dengan benar, kemudian tap Sign In.

2. Login BIONS untuk mulai jual saham di BNI Sekuritas

3. Tampilan akan segera beralih ke halaman utama. Guna melanjutkan cara jual saham, maka tap menu Trade pada bagian atas halaman. Kemudian anda akan langsung dialihkan ke halaman Order Book.

3. Pilih menu Trade untuk jual saham

4. Setelah pengguna berada di halaman Order Book, langsung pilih saham yang ingin anda jual dengan mengisi kode perusahaan. Apabila sudah menemukan kode perusahaan dimaksud, maka tap Sell.

4. Pilih kode perusahaan untuk jual saham di BNI Sekuritas

5. BIONS akan meminta pengguna melakukan setting harga serta jumlah lot untuk dijual. Apabila proses pengaturan tersebut sudah dilakukan, maka tap Sell agar cara jual saham bisa dilanjutkan.

5. Setting harga jual saham

6. Seketika akan muncul dialog konfirmasi atas penjualan tersebut. Periksa kembali rincian dan tap OK.

6. Konfirmasi jual saham di BNI Sekuritas

7. Saham tersebut nantinya akan masuk kedalam Order List dengan status Open dan menunggu hingga terjual.

7. Jual saham di BNI sekuritas sudah dalam antrean

Perlu diingatkan kembali bahwasanya dalam proses transaksi jual beli saham terdapat jadwal yang berlaku. Agar anda mengetahui kapan waktu transaksi dapat dilakukan, maka kunjungi pembahasan kami mengenai Waktu Transaksi BNI Sekuritas.

Cara Cek Keberhasilan Jual Saham di BNI Sekuritas

Penjualan saham memang membutuhkan waktu dalam proses penjualan. Namun bagaimana cara mengetahui saham sudah terjual? Berikut langkah-langkah guna memastikan saham terjual.

1. Masuk kembali pada halaman utama BIONS.

2. Kemudian tap Menu Bar dengan lambang 4 lingkaran di bagian pojok kanan atas.

2. Tap menu bar untuk cek keberhasilan jual saham di BNI Sekuritas

3. Setelah masuk ke akses menu, maka pilih opsi Stock kemudian lanjutkan dengan tap menu Order List guna meneruskan cara cek saham terjual.

3. Pilih order list

4. Layar akan menampilkan beberapa daftar efek yang sudah dipesan. Apabila saham sudah terjual, maka akan terdapat status Matched di bagian kanan pesanan.

4. Proses jual saham di BNI Sekuritas Berhasil

Cara Membaca Portofolio BNI Sekuritas

Hasil penjualan saham biasanya akan langsung masuk kedalam portofolio di akun BIONS anda. Adapun penjelasan dari masing-masing Keterangan di dalam portofolio, sebagai berikut.

  • Cash : Dana yang terdapat pada saldo RDN milik nasabah
  • Outstanding : Jumlah dana secara real time. Apabila indikator menunjukan (-) maka Saldo masih tersedia. Namun jika (+) Saldo masih tersedia menggunakan utang.
  • Limit : Dana tersedia untuk digunakan dalam proses pembelian saham.
  • Total Asset : Penjumlahan dari Outstanding + Porto Current Saham + Open Buy Value Saham.
  • Collateral for TL : Nilai saham yang berfungsi sebagai agunan guna memperoleh fasilitas trading limit.
  • Stock : Saham terdaftar milik Nasabah.
  • Avail/Avg : Jumlah Lot terdaftar / Harga saham per lembar.
  • Curr/Last : Jumlah Lot terdaftar / Harga saham per lembar saat ini.
  • OnHand/GL : Keterangan saham milik pengguna. Gain (Hijau) dan Loss (Merah). Taksiran digambarkan dalam bentuk nilai serta persentase.

Cara Withdraw Dana di BNI Sekuritas

Setelah mengetahui cara membaca portofolio, kini tiba saatnya melakukan penarikan atas hasil penjualan saham. Berikut langkah-langkah dalam melakukan penarikan dana atau withdraw hasil jual saham.

1. Masuk kedalam halaman utama BIONS guna memulai cara withdraw.

2. Tap Icon Profil di bagian kanan atas halaman.

2. Tap Menu Icon Profil guna memulai withdraw

3. Kemudian langsung tap menu Cash Withdraw.

3. Pilih menu Cash Withdraw

4. Setelah masuk halaman Cash Withdraw, maka langkah selanjutnya, yaitu isikan form penarikan dana. Masukan nominal, jenis penarikan, serta Trading PIN nasabah. Jangan lupa Centang kotak persetujuan. Apabila semua proses tersebut sudah dilakukan tap SEND.

4. Isi form withdraw

5. Setelah melakukan tap SEND, akan muncul konfirmasi penarikan. Tap OK guna menyetujui proses penarikan.

5. Konfirmasi Withdraw

Setidaknya terdapat tiga jenis penarikan, yaitu In-House (Penarikan rekening tujuan bank mitra), Kliring (Penarikan rekening tujuan antar bank di bawah Rp. 100.000,00), dan RTGS (Penarikan rekening tujuan antar bank di atas Rp. 100.000,00).

Tips Jual Saham di BNI Sekuritas

Melakukan penjualan saham memang dibutuhkan momen yang tepat guna memaksimalkan keuntungan atau meminimalisir kerugian. Berikut beberapa tips dalam melakukan jual saham di perusahaan efek BNI.

  • Lakukan penjualan saham pada saat harganya sedang berada melambung tinggi atau berada di atas. Teknik ini biasa disebut dengan Profit Taking.
  • Lakukan penjualan saham pada saat harganya sudah turun atau sudah berada di kisaran 5% – 7% di bawah harga beli sebelumnya. Teknik ini biasa disebut dengan Cut Loss.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara jual saham di BNI Sekuritas, tentunya ada solusi guna menghindari “Panic Selling“. Sekarang anda sudah mengantongi berbagai strategi dalam menjual saham di BNI Sekuritas.

Karena tren saham selalu berkembang setiap waktunya, maka ada baiknya anda selalu menambah wawasan. Cobalah kunjungi pembahasan kami sebelumnya tentang Apa Itu Saham untuk Sobat Trikves jadikan pedoman.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.