Obligasi

4 Cara Membeli Obligasi Pemerintah Lewat Aplikasi Android Bareksa 2022

Trikves.com – Berinvestasi secara aman bisa dilakukan dengan memahami cara membeli obligasi pemerintah. Tidak hanya aman, proses pemesanannya pun terbilang cepat.

Di antara semua jenis kegiatan investasi, ada satu yang memiliki tingkat resiko rendah, yaitu obligasi. Kegiatan menanamkan modal tersebut bisa dilakukan saat anda sudah memahami cara membeli obligasi pemerintah.

Obligasi pemerintah umumnya didistribusikan kepada beberapa mitra terdaftar. Ada salah satu cara membeli obligasi pemerintah melalui aplikasi HP Android bernama bareksa.

Agar lebih memudahkan anda dalam melakukan pembelian obligasi, maka pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan cara membeli obligasi pemerintah secara rinci. Jadi, Sobat Trikves bisa mencobanya sendiri di rumah.

Obligasi Pemerintah di Bareksa

Bareksa merupakan aplikasi android penyedia produk investasi, seperti Reksadana dan obligasi pemerintah serta terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Khusus untuk obligasi, biasanya akan ada periode penawaran.

Obligasi pemerintah merupakan salah satu instrumen investasi, yang diterbitkan langsung oleh pemerintah. Karena adanya pengawasan dari pihak berwenang, maka jenis kegiatan menanamkan modal tersebut terbilang rendah resiko.

Keuntungan obligasi pemerintah adalah pemberian kupon (suku bunga) dengan nominal tetap yang umumnya dibagikan tiap 6 bulan sekali. Tentunya hal tersebut bisa menjadi simpanan darurat bagi pihak yang membeli obligasi.

Aplikasi Bareksa menjadi salah satu dari mitra pendistribusian obligasi, salah satunya ORI. Investor dapat melihat mitra lainnya melalui link (https://www.kemenkeu.go.id/single-page/draft-ori020/) tanpa tanda kurung.

Obligasi Pemerintah di Bareksa

Syarat dan Ketentuan

Sebagai kebijakan dalam membeli obligasi, maka Bareksa menetapkan syarat dan ketentuan kepada calon investornya. Namun beberapa hal tersebut tidak memberatkan para investornya. Berikut beberapa syarat dan ketentuan tersebut.

1. Dokumen Identitas Diri

Sebelum melakukan pembelian, calon investor harus menyiapkan identitas diri. Dokumen identitas diri yang digunakan dalam proses pembelian obligasi pemerintah adalah foto atau scan KTP (Kartu Tanda Pengenal).

2. Tanda Tangan Investor

Selanjutnya terdapat tahapan dimana pihak pengembang aplikasi akan meminta tanda tangan investor. Tanda tangan tersebut dibuat saat proses registrasi akun.

3. Kebijakan Imbal Hasil

Obligasi pemerintah ini memiliki imbal hasil minimum. Jadi saat harga pasar mengalami penurunan, maka tetap ada minimal hasil yang didapat dari kegiatan obligasi.

4. Jangka Waktu Obligasi

Jangka waktu untuk masing-masing produk obligasi pemerintah berbeda. Berikut adalah rincian jangka waktu masing-masing obligasi.

  • Savings Bond Ritel (SBR) memiliki jangka waktu 2 tahun
  • Sukuk Tabungan (ST) memiliki jangka waktu 2 tahun
  • Obligasi Ritel Negara (ORI) memiliki jangka waktu 3 tahun
  • Sukuk Ritel (SR) memiliki jangka waktu 3 tahun

5. Pencairan Obligasi

Pencairan obligasi pemerintah menyesuaikan dengan produknya. Berikut adalah rincian pencairan dari masing-masing produk obligasi pemerintah.

  • Savings Bond Ritel (SBR) dapat dicairkan sebelum jatuh tempo
  • Sukuk Tabungan (ST) dapat dicairkan sebelum jatuh tempo
  • Obligasi Ritel Negara (ORI) hanya dicairkan saat jatuh tempo
  • Sukuk Ritel (SR) hanya dicairkan saat jatuh tempo

6. Jumlah Minimal Membeli Obligasi

Selanjutnya terdapat minimal pembelian untuk setiap obligasi. Semua produk memiliki minimal pembelian yang sama, yaitu sebesar Rp. 1.000.000,00.

Cara Membuat Akun Bareksa

Sebelum lanjut membeli, investor harus memiliki akun Bareksa terlebih dahulu. Cara membuatnya sangat mudah dan berikut langkah-langkah yang bisa digunakan.

1. Kunjungi Playstore

Langkah pertama dalam cara ini adalah buka Playstore dan ketikkan “Bareksa” melalui kolom pencarian.

1. Kunjungi Playstore

2. Unduh Aplikasi Bareksa

Setelah halaman aplikasi muncul, tekan Unduh / Instal (sesuai tampilan HP masing-masing) di pojok kanan atas. Tunggu hingga aplikasi terinstal di HP Anda.

2. Unduh Aplikasi Bareksa

3. Buka Aplikasi Bareksa

Aplikasi terinstal akan muncul di halaman HP Android masing-masing. Tekan Icon Bareksa untuk mulai melakukan registrasi.

3. Buka Aplikasi Bareksa

4. Masuk Halaman Pendaftaran

Setelah icon platform ditekan, maka langkah selanjutnya pada cara ini adalah masuk ke halaman pendaftaran. Tekan tombol Daftar di bagian bawah tampilan.

4. Masuk Halaman Pendaftaran

5. Konfirmasi Kewarganegaraan

Langkah berikutnya pada cara membeli obligasi pemerintah adalah melakukan pengisian data diri tahap 1. Calon investor diharuskan memilih kewarganegaraan dan memasukan nomor KTP (Kartu Tanda Pengenal), kemudian tekan Daftar.

5. Konfirmasi Kewarganegaraan

6. Pendaftaran Akun

Jika langkah sebelumnnya berhasil, maka secara otomatis tampilan akan diarahkan menuju ke Halaman Pendaftaran Akun. Kemudian isi kolom sesuai instruksi secara tepat. Apabila dirasa benar, kemudian tekan Selanjutnya.

6. Pendaftaran Akun

7. Pengisian Kode OTP

Apabila langkah sebelumnya berhasil, maka tindakan selanjutnya pada cara ini adalah memasukkan Kode OTP. Pihak pengembang aplikasi akan mengirimkan Kode OTP melalui SMS pada nomor tercantum.

7. Pengisian Kode OTP

8. Upload Foto KTP

Jika kode OTP sudah terverifikasi, maka tahapan lanjutan pada cara memesan obligasi adalah mengunggah Foto e-KTP. Calon investor bisa mengunggah hasil gambar di galeri atau melakukan proses Foto e-KTP secara langsung.

Pihak pengembang akan melakukan pengisian data secara otomatis berdasarkan Foto e-KTP terunggah. Periksa kembali dan lakukan koreksi apabila terdapat kesalahan. Jika data tercantum dirasa sudah benar, maka tekan Selanjutnya.

8. Upload Foto KTP

9. Pengisian Info Pribadi

Langkah selanjutnya pada cara membut akun adalah mengisi info pribadi. Isikan kolom sesuai instruksi tertera secara lengkap. Jika data dirasa sudah sesuai, tekan Selanjutnya guna melanjutkan proses pendaftaran.

9. Pengisian Info Pribadi

10. Pencantuman Rekening Bank

Setelah pengisian info pribadi selesai, maka calon investor diharuskan mengisi Nomor Rekening Bank Aktif. Rekening tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat menyimpan bunga atau kupon obligasi.

Periksa kembali dan pastikan bagian kolom rekening terisi secara benar. Apabila sudah merasa yakin, maka tekan Selanjutnya guna melanjutkan proses.

10. Pencantuman Rekening Bank

11. Lakukan Foto Selfie

Saat berada dalam tahapan ini, calon investor diharuskan melakukan swafoto atau Foto Selfie. Di halaman tersebut, terdapat panduan dalam melakukan proses foto. Apabila proses foto dianggap benar, maka anda bisa menekan tombol Selanjutnya.

11. Lakukan Foto Selfie

12. Tanda Tangan Digital

Langkah selanjutnya pada cara membuat akun adalah membuat Tanda Tangan Digital. Akan ada kotak yang muncul sebagai tempat untuk melakukan Tanda Tangan Digital secara manual.

Apabila pembuatan Tanda Tangan Digital tersebut sudah disetujui, maka anda bisa menekan tombol Selanjutnya.

12. Tanda Tangan Digital

13. Persetujuan Syarat dan Ketentuan

Tahapan pada cara memesan obligasi berikutnya adalah Menyetujui Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan pihak Bareksa. Apabila calon investor telah menyetujui isi dari hal tersebut, maka centang kotak kecil di bagian bawah.

Kemudian tekan tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses.

13. Persetujuan Syarat dan Ketentuan

14. Aktivasi Akun Melalui Email

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan yang diajukan, maka pihak Bareksa akan mengirimkan Pesan melalui Email tercantum guna melakukan aktivasi Akun. Tekan Aktivasi Akun Saya dan anda sudah memiliki akun tersebut.

14. Aktivasi Akun Melalui Email

15. Proses Verifikasi Bareksa

Apabila anda sudah memiliki akun, maka Bareksa akan melakukan peninjaun ulang secara otomatis. Setelah peninjaun ulang tersebut telah selesai dilakukan, barulah akun bisa digunakan untuk membeli obligasi pemerintah.

15. Proses Verifikasi Bareksa

Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Setelah anda membuat akun Bareksa, maka tiba saatnya untuk membahas cara membeli obligasi pemerintah. Berikut langkah-langkah yang bisa digunakan pada cara membeli obligasi tersebut.

1. Masuk Menu Log In

Langkah pertama pada cara membeli obligasi adalah masuk terlebih dahulu menggunakan akun yang dimiliki. Tap menu Login di bagian pojok kanan bawah.

1. Masuk Menu Log In

2. Log In Akun Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Tahapan selanjutnya pada cara membeli obligasi pemerintah, yaitu masukan data dengan mengisi kolom kotak tersedia sesuai akun terdaftar. Jika sudah terisi secara benar, maka tekan Login.

2. Log In Akun Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

3. Masuk Menu SBN Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Saat proses login selesai, maka tampilan akan beralih kembali menuju beranda. Tindakan pada cara membeli berikutnya adalah masuk kedalam Menu SBN. Tap kotak bertuliskan SBN pada bagian layar.

3. Masuk Menu SBN  Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

4. Pilih Produk Tersedia

Selanjutnya, halaman akan menampilkan produk tersedia untuk periode penawaran yang sedang berlangsung. Apabila investor sudah memilih produk obligasi pemerintah yang sesuai, maka tap tombol Beli Sekarang.

4. Pilih Produk Tersedia

5. Lanjutkan Pembelian

Pada langkah ini, layar akan menampilkan Informasi Obligasi Pemerintah terpilih secara rinci. Terdapat memorandum terkait pemberitahuan produk yang dirilis langsung oleh pemerintah.

Apabila anda merasa cocok dengan penawaran tersebut, maka tap Lanjut Pembelian di bawah layar.

5. Lanjutkan Pembelian

6. Isikan Nominal Pembelian Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Setelah melakukan tap Lanjut Pembelian, langkah selanjutnya pada cara membeli obligasi pemerintah adalah mengisi nominal pembelian. Masukan besaran angka pada kolom tersedia. Minimal pembelian investor adalah Rp. 1 juta.

6. Isikan Nominal Pembelian Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

7. Order Pembelian Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Masih dalam tahapan yang sama pada halaman pengisian nominal. Setelah selesai melakukan pengisian nominal, Scroll layar ke bawah dan tap Order Sekarang guna membeli obligasi.

7. Order Pembelian Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

8. Konfirmasi Pembelian Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Langkah selanjutnya dalam kegiatan membeli obligasi adalah melakukan Konfirmasi Pembelian. Anda akan dialihkan menuju halaman berisi persetujuan dari pihak investor. Apabila setuju, maka Centang kotak kecil di bawah.

Guna melanjutkan kegiatan membeli obligasi, tap kotak Konfirmasi Pembelian.

8. Konfirmasi Pembelian Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

9. Lakukan Pembayaran Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Langkah berikutnya guna mendapatkan obligasi pemerintah, yaitu melakukan pembayaran. Bareksa menyediakan pembayaran dengan berbagai metode.

Pilih metode pembayaran yang bisa anda lakukan selama kurun waktu yang ditentukan. Jangan lupa Simpan Baik-baik Bukti Pembayaran dan lakukan Proses Foto pada Bukti Pembayaran tersebut apabila dilakukan melalui ATM.

Apabila proses pembayaran dilakukan via online, maka lakukan proses Screenshot pada Bukti Pembayaran.

9. Lakukan Pembayaran Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

10. Upload Bukti Pembayaran Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Tindakan selanjutnya pada cara membeli obligasi ini adalah menggunggah foto Bukti Pembayaran. Unggah foto dengan kualitas terbaik jika pembayaran dilakukan melalui ATM.

Apabila proses unggah foto berhasil dilakukan, kemudian tap kotak Konfirmasi Pembayaran.

10. Upload Bukti Pembayaran Sebagai Cara Membeli Obligasi Pemerintah

11. Informasi Pasca Bayar

Setelah proses upload berhasil, maka pihak pengembang aplikasi akan langsung memberikan informasi kepada investor terkait hal tersebut. Produk akan didistribusikan oleh Kementrian Keuangan sesuai jadwal.

Untuk melihat waktu pendistribusian obligasi milik investor, maka tap Lihat Detail Transaksi.

11. Informasi Pasca Bayar

12. Cek Informasi Detail Transaksi

Setelah melakukan tap pada kotak Lihat Detail Transaksi, maka layar akan menampilkan detail transaksi pembelian investor. Jadwal pendistribusian produk obligasi akan dilakukan sesuai keterangan pada kolom Tanggal Setelmen.

12. Cek Informasi Detail Transaksi

Cara Cek Obligasi Pemerintah Terdistribusi

Tentunya anda merasa penasaran mengenai produk yang telah didistribusikan setelah membeli obligasi. Saat Tanggal Setelmen Telah tiba, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Menu SBN

Pertama, yang harus anda lakukan adalah masuk ke Menu SBN di beranda. Tap Menu SBN untuk masuk.

1. Pilih Menu SBN

2. Pilih Menu Portofolio

Setelah masuk pada halaman SBN, maka langkah selanjutnya adalah tap Menu Portofolio.

2. Pilih Menu Portofolio

3. Cek Obligasi Terdistribusi

Halaman akan menampilkan produk obligasi yang sudah dibeli. Apabila obligasi pemerintah milik anda sudah berada pada halaman ini, maka kegiatan membeli obligasi pemerintah sudah sukses dilaksanakan.

3. Cek Obligasi Terdistribusi

Call Center Bareksa

Apabila terdapat informasi yang kurang jelas terkait dengan cara membeli obligasi pemerintah, silahkan hubungi langsung pihak Bareksa melalui beberapa Call Center berikut ini:

  • Nomor Telepon : 021-50117000
  • Facebook : @Bareksa Community – Belajar Investasi Online
  • Email : cs@bareksa.com

Kesimpulan

Ternyata cara membeli obligasi pemerintah tidak terlalu sulit diterapkan. Bahkan proses pembeliannya terbilang fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja.

Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda kegiatan investasi. Pasalnya sudah ada obligasi sebagai salah satu investasi rendah resiko. Jadi angkat HP Android anda dan mulailah berinvestasi Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.